Singkawang, MC – Berbagai kegiatan digelar Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Lingkungan Hidup dalam Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Salah satunya dengan melaksanakan Senam Pagi Bersama di Halaman Mess Daerah, Senin (5/6/2023).

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan sarana dan prasarana pengelolaan RTH, pemberian bantuan sarana pengelolaan kebersihan berupa motor roda 3 dan tong sampah, pemberian bantuan bibit tanaman ke Kelurahan-kelurahan dan Sekolah-sekolah Adiwiyatama, pemberian bantuan pengelolaan lingkungan kepada kelompok masyarakat peduli lingkungan, serta pemberian penghargaan kepada pelaku usaha yang tepat waktu menyampaikan laporan pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan.

Senam bersama dihadiri Pj. Sekda Singkawang, perwakilan Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan ASN di Lingkungan Pemkot Singkawang, serta sejumlah LSM Pecinta Lingkungan ini, mengusung tema “Solusi Polusi Plastik”.

Terkait masalah polusi plastik, Pj. Sekda Singkawang, Aulia Candra, mengimbau kepada masyarakat agar membawa kantong belanja, botol minum dan wadah makan sendiri. Hal itu ditujukan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai (bekas kantong kresek, sedotan plastik, wadah styroform dan lain-lain)

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar membawa kantong belanja, botol minum, dan wadah makan sendiri untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai seperti bekas kantong kresek, sedotan plastik, wadah styroform dan lain-lain,” katanya.

Ia juga menyampaikan data terkait pengelolaan sampah nasional, dimana pada tahun 2022, Indonesia menghasilkan sekitar 68,5 juta ton sampah, dan sekitar 18,5 % di antaranya adalah sampah plastik.

“Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, di tahun 2022, Indonesia menghasilkan sekitar 68,5 juta ton sampah dan 18,5 % diantaranya berupa sampah plastik,” ujarnya.

Untuk itu, penanganan sampah sangat memerlukan kepedulian seluruh elemen masyarakat.

“Terkait penanganan sampah, itu semua sangat memerlukan kepedulian seluruh elemen masyarakat, seberapa banyak pun anggaran yang disiapkan untuk menanganinya, jika tidak ada kepedulian, maka itu semua akan sia – sia,” ujarnya.

Semetara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang, Emi Hastuti mengatakan, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, pihaknya untuk pertama kalinya mendapatkan kendaraan Skylift dari Pemerintah Pusat, yang akan diperuntukkan dalam kegiatan pemeliharaan taman dan pohon peneduh di Kota Singkawang.

Ia berharap kehadiran kendaraan tersebut akan memudahkan dan memperlancar kegiatan pemeliharaan taman dan pohon yang dapat membahayakan masyarakat dan lingkungan.

“Semoga dengan adanya kendaraan Skylift ini, bisa memudahkan dan memperlancar kegiatan pemeliharaan taman dan pohon yang dapat membahayakan masyarakat dan lingkungan,” harapbya. .

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang memberikan sebanyak 20 kendaraan roda 3, 500 buah tong sampah, 30 batang bibit tanaman kepada setiap Kelurahan, 10 bibit tanaman kepada 10 Sekolah, jaring sampah dan kayu ceriucuk kepada kelompok sadar wisata, dan bantuan bambu untuk penahan abrasi ke kelompok Mangrove Perdana Mandiri.

5