Singkawang, MC – Fasilitas Kesehatan di Kota Singkawang kini bertambah, dengan adanya  rumah sakit baru, yakni Rumah Sakit Umum (RSU) Sa’adah di Jalan Gunung Merapi, Kelurahan Pasiran, Singkawang Barat. Rumah Sakit tersebut diresmikan oleh Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro, Kamis (28/9/2023).

Bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan mengusung layanan berbasis akhlaqul karimah, Pj Wali Kota berharap RSU Sa’adah mendapatkan keberkahan di sepanjang perjalanannya memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Ia menilai kehadiran RSU Sa’adah adalah wujud kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

“Ini adalah capaian kita dalam menyediakan fasilitas kesehatan untuk masyarakat dan wujud perhatian dan kepedulian kita terhadap nilai-nilai kemanusiaan,” ujarnya.

Sumastro mengatakan, berdirinya RSU Sa’adah tidak hanya berimbas pada meningkatnya layanan kesehatan, namun juga berdampak pada sisi ekonomi dan  penyerapan tenaga kerja yang tidak sedikit.

“RSU Sa’adah bukan hanya berimbas pada meningkatnya layanan kesehatan saja, coba anda perhatikan, berapa banyak tenaga kerja yang diserap, dari cleaning service, tenaga medis, apoteker, dokter umum dan spesialis, dsb,” katanya.

“Setidaknya, usaha mikro seperti cathering, laundry dan lainnya, juga ikut merasakan keuntungan dengan hadirnya Rumah Sakit Saadah ini,” tambahnya.

Sementara itu, Pembina Yayasan Nur Bunda Sa’adah, dr Achmad Hardin menyebut, berdirinya RSU Sa’adah adalah bentuk usahanya bersama keluarga dalam mewujudkan cita-cita dari Almarhumah Ibundanya.

“Dulu semasa hidupnya, Almarhumah ibu saya bercita-cita ingin mendirikan Rumah Sakit untuk membantu masyarakat. Kini, kami beserta keluarga besar telah berhasil mewujudkan impian beliau, semoga ini akan jadi amal jariyah ibu saya di akhirat,” katanya.

Bid. IKP