Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro melepas Pawai Akbar 1 Muharram 1445 H yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang, Rabu (19/7/2023) di depan Masjid Raya Singkawang.

Usai melepas, Pj. Wali Kota turut membaur dalam suka cita bersama ribuan warga Singkawang yang tumpah ruah memadati jalan raya untuk menyaksikan pawai dengan Door Prize berupa lima paket umroh bagi peserta yang beruntung.

“Saya melihat ini adalah perayaan 1 Muharram Yang Spesial,” kata Sumastro.

Menurut perkiraannya lebih dari 10 ribu warga ikut meramaikan acara tersebut, hal itu berdasarkan jumlah kupon yang disediakan panitia sebanyak 8 ribu, semuanya habis dibagikan.

“Kalau dilihat dari kupon saja, itu ada 8 ribu, belum ditambah dari pengunjung, jadi perkiraan saya, ada lebih dari 10 ribu warga turut serta dalam pawai ini,” ujarnya.

Kepada seluruh masyarakat Singkawang, khususnya umat Islam, Sumastro mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah mampu menunjukkan ekspresi solidaritas sesama warga.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Singkawang, khususnya umat Islam yang sudah mampu menunjukkan ekspresi solidaritas sesama warga yang insya Allah menjadi Rahmatan lilalamin,” ungkapnya.

Ia berpesan agar warga menjaga dan memelihara nilai-nilai persaudaraan dengan sebaik-baiknya dan menjadikan hal itu sebagai bagian dari kehidupannya.

Berkenaan dengan tema acara yaitu Merajut Ukhuwah Menggapai Berkah, Sumastro berkeinginan agar ukhuwah ini tidak hanya sebatas ukhuwah Islamiyah saja, namun bisa merangkum hal yang lebih luas yaitu ukhuwah watoniyah (persaudaraan sebangsa dan setanah air).

“Kita ingin supaya ukhuwah ini, bukan hanya ukhuwah Islamiyah saja, namun juga ukhuwah yang lebih luas, yaitu ukhuwah watoniyah,” katanya.

Pj Wali Kota juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Oesman Sapta Odang, tokoh nasional asal Kalbar yang telah memberikan doorprize 5 paket Umroh kepada peserta pawai.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada Pak OSO atas pemberian hadiah 5 paket umroh ini, semoga selalu menjadi ladang amal kebaikan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PHBI, H. Ruslan mengatakan, kehadiran door prize berupa lima paket umroh telah menjadi magnet yang menarik perhatian warga untuk mengikuti dan meramaikan kegiatan tersebut.

“Hadiah paket umroh inilah yang menjadi magnet yang menarik perhatian warga untuk mengikuti dan meramaikan pawai akbar ini,” katanya.

Ia memastikan, tidak ada kecuragan di setiap tahapan pembagian hadiah, Karena dijalankan dengan prinsip kejujuran dan transparansi, demi menjaga martabat PHBI sebagai salah satu lembaga keislaman.

“Saya pastikan disetiap tahapan pembagian hadiah, tidak ada namanya kecurangan, kami kedepankan prinsip kejujuran dan transparansi, demi menjaga martabat PHBI sebagai salah satu lembaga keislaman,” ujarnya.

Bid. IKP