Singkawang, MC – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) X Kota Singkawang telah resmi ditutup pada Selasa (18/7/2023) malam di halaman Kantor Kecamatan Singkawang Selatan.

MTQ X ini ditutup langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang Sumastro dengan disertai penyerahan piala bergilir kepada juara umum dan perwakilan dua kafilah.

“Saya memohon maaf karena tidak dapat hadir pada saat pembukaan kemarin karena ada lain hal yang tidak dapat ditinggalkan. Dan Saya ingin menjadi bagian dari semangat pada malam ini yang penuh kegembiraan.” ucap Pj Wali Kota Singkawang Sumastro

Sumastro menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada tuan rumah dan seluruh panitia penyelenggara yang telah berhasil menyajikan MTQ X Kota Singkawang ini hingga dapat berjalan tertib dan lancar.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Singkawang memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tuan rumah dan seluruh panitia penyelenggara dan komponen-komponen pendukung lain yang telah menyajikan MTQ ke X ini hingga dapat berjalan tertib dan lancar.” katanya.

Sumastro juga mengucapkan selamat kepada para kafilah yang telah bertanding dengan baik dan mampu meraih juara. Lanjutnya, Kota Singkawang juga memberikan apresiasi dengan menyediakan 2 paket Umroh untuk Qori dan Qoriah yang juara kategori Dewasa.

“Apresiasi juga tak lupa saya ucapkan kepada seluruh peserta yang telah mengikuti MTQ ini, selamat untuk yang telah meraih juara. Namun bagi yang belum jangan berkecil hati, apresiasi ini diberikan semoga dapat menjadi pemicu semangat yang lain untuk terus latih kemampuan agar di kemudian hari bisa lebih baik.” tuturnya.

Sumastro menyebut setelah penyelenggaraan MTQ ini diharapkan menjadi cikal bakal khususnya bagi yang juara untuk dapat menghantarkan Kota Singkawang lebih berprestasi lagi dalam berkiprah di tingkat Provinsi dan Nasional.

Ia meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Singkawang dapat terus aktif melakukan regenerasi bibit-bibit unggul dalam ajang MTQ dan memberikan pembinaan-pembinaan yang lebih baik.

“Saya kira singkawang sudah lama tidak berjaya di tingkat provinsi, semoga kali ini melalui para juara ini dan metode pembinaan-pembinaan lanjutan lain Kota Singkawang dapat berbicara banyak pada MTQ tingkat provinsi di Sanggau Kapuas nanti. Dan Insyaallah doakan saya dapat menyertai keberangkatan para kafilah kesana juga.” pungkasnya.

Perlu diketahui, pada MTQ edisi ke X Kota Singkawang ini Kecamatan Singkawang Tengah kembali meraih juara umum yang berhasil mengungguli Kec. Singkawang Selatan dan Timur di tempat ke 2 dan ke 3 dan diikuti oleh Kec. Singkawang Utara dan Barat di urutan 4 dan 5.

Bid. IKP