Singkawang, MC – Poltekkes Kemenkes Pontianak menggelar Upacara Pengukuhan Tingkat I yang ditandai dengan Pemasangan KAP, Lencana Dan Ucap Janji Mahasiswa Prodi Diploma III Dan Prodi Sarjana Terapan Rintisan Kelas Internasional (RKI) Jurusan Keperawatan kampus Singkawang Tahun Akademik 2022/2023 di Aula Kampus Akademi Keperawatan Singkawang, Kamis (23/2/2022).

Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Pontianak Hajimi mengatakan kegiatan ucap janji mahasiswa ini sebagai langkah pertama bagi mahasiswa keperawatan yang telah menyelesaikan dan lulus pembelajaran di semester pertama serta telah dinyatakan siap melanjutkan ke tahap yang lebih tinggi yaitu melaksanakan Praktik Klinik Keperawatan baik itu di Rumah Sakit , Puskesmas serta Pelayanan Kesehatan lainnya.

“Ucap janji mahasiswa ini sebagai langkah pertama bentuk dari komitmen untuk menjadi mahasiswa keperawatan yang baik dan benar-benar mampu melaksanakan peran sebagai mahasiswa keperawatan, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi serta menghormati masyarakat tanpa membeda bedakan.” ucapnya.

Hajimi menyampaikan sejak setahun lalu Poltekkes Kemenkes Pontianak telah membuka kelas internasional yaitu Pada Prodi Sarjana Terapan Jurusan Keperawatan. Yang mana sebagai wujud melaksanakan mandat dari Kemenkes RI dalam rangka mencapai transformasi dalam penyiapan SDM Keperawatan yang professional dan berstandar internasional.

“Perlu saya sampaikan ke Pak Pj Wali Kota, sejak tahun lalu Poltekkes Kemenkes Pontianak telah membuka kelas internasional yaitu pada Prodi Sarjana Terapan Jurusan Keperawatan. Jadi ini dihadapan kita adalah mahasiswa/mahasiswi yang pertama dan telah ada sebanyak 30 mahasiswa kelas internasional untuk ajaran 2022/2023. Terobosan ini merupakan wujud harapan dari Kemenkes tentang adanya serapan-serapan tenaga kesehatan ke luar negeri.” sambungnya.

Ia berharap semoga dengan adanya RKI ini dapat melahirkan Perawat yang terampil dan profesional, dapat bersaing di era globalisasi serta mampu memenuhi tantangan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Semoga dapat menjadi contoh tauladan yang baik sebagai calon-calon perawat berstandar internasional. Dan bagi seluruh mahasiswa yang telah mendapatkan nilai indeks prestasi semester baik dapat dipertahankan hingga lulus nanti.” pungkasnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik