Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang menghadiri Upacara Pengukuhan Tingkat I Diploma III Singkawang dan Prodi Sarjana Terapan Rintisan Kelas Internasional (RKI) Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pontianak Tahun Akademik 2022/2023 di Aula Kampus Akademi Keperawatan Singkawang, Kamis (23/2/2022).

Upacara pengukuhan ditandai dengan pemasangan KAP, Lencana secara simbolis dan ucap janji yang diikuti oleh sebanyak 131 mahasiswa/mahasiswi keperawatan kampus Singkawang.

“Saya sangat beruntung bisa hadir di sini, karena ini pertama kalinya saya menyaksikan dan merasakan prosesi kegiatan ucap janji mahasiswa keperawatan.” Kata Pj Wali Kota Sumastro.

Sumastro mengatakan profesi perawat adalah profesi yang sangat mulia dan berhadapan langsung dengan masyarakat. Sehingga diharapkan dapat mengabdikan diri dengan baik untuk negara dan demi kepentingan kemanusiaan.

“Profesi perawat adalah profesi yang sangat mulia, semoga setelah menyelesaikan pendidikan ini nanti diharapkan nanti betul-betul bisa mengabdikan diri untuk negara dan demi kepentingan kemanusiaan” jelasnya.

Sumastro menyampaikan rasa bangga dengan adanya kelas bertaraf internasional yang telah dibuka pada jurusan keperawatan yang dapat menjadikan terobosan baru bagi peningkatan SDM tenaga kesehatan di Kota Singkawang.

“Saya sangat bangga dengan telah adanya kelas bertaraf internasional ini, menjadikan terobosan baru bagi SDM tenaga kesehatan khususnya keperawatan dengan kepandaian berbahasa asing. Sehingga dapat melayani bukan cuma masyarakat lokal tetapi juga masyarakat asing. Serta tidak menutup kemungkinan bisa berkiprah di luar negeri menjadi lebih mudah.” tambahnya.

Ia berpesan kepada seluruh mahasiswa/mahasiswi keperawatan Poltekkes kampus Singkawang agar menjadi tenaga kesehatan masa depan yang kompeten, disiplin, dan memiliki etos kerja yang tinggi serta menjadi pelopor pemberi pelayanan yang terbaik tanpa membeda-bedakan masyarakat satu dan lainnya.

“Masa depan itu terletak di tangan kalian, orang tua telah mensupport kalian dengan doa dan berbagai dukungan yang bisa mereka curahkan. Saya mendoakan semoga kalian, bisa tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berakhlak, disiplin dan memiliki etos kerja yang terukur dan maksimal. Menjadi perawat yang membanggakan. Selamat mengikuti prosesi pendidikan selanjutnya, semoga kalian selalu sehat, bisa menyelesaikan pendidikan ini tepat waktu dengan hasil yang gemilang.” tutupnya.

Diakhir kegiatan, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat piagam penghargaan kepada mahasiswa/mahasiswi yang memiliki nilai indeks prestasi semester terbaik yang dilakukan secara langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik