Singkawang, MC – Polres Singkawang bekerjasama dengan Yayasan Smile Train dan RSUD Abdul Aziz Singkawang mengadakan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit secara gratis khususnya di wilayah Singkawang, Bengkayang dan Sambas dalam rangka memperingati HUT ke-75 Bhayangkara. 

“Kegiatan ini akan kita gelar pada 26 Juni yang langsung ditangani Dokter Doni Setiawan yang merupakan Dokter Spesialis Bedah Plastik yang bekerja di salah satu rumah sakit di Kota Pontianak,” kata Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, Minggu (30/5/2021). 

Kapolres mengungkapkan, kegiatan operasi bibir sumbing secara gratis ini berawal dari anggota Polres Singkawang bernama Aipda Muhammad Irvan atau yang lebih dikenal dengan sebutan pak Ivan pernah membawa pasien kurang mampu untuk dilakukan operasi bibir sumbing di Kota Pontianak. 

“Dari situlah, pak Ivan bisa berkenalan dengan Dokter Doni Setiawan yang merupakan Dokter Bedah Plastik,” katanya. 

Sehingga dalam kegiatan sosial itu nanti, pihaknya akan mendatangkan dokter yang bersangkutan untuk membantu masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya dari kalangan kurang mampu agar bisa melakukan kegiatan operasi tersebut. 

Kapolres berharap, kegiatan operasi bibir sumbing secara gratis ini nanti dapat berjalan dengan baik, dengan begitu dapat membantu masyarakat Kota Singkawang dari kalangan kurang mampu untuk bisa melaksanakan operasi bibir sumbing. 

“Saya juga berharap kegiatan sosial ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Kota Singkawang dan bisa terus berlanjut nantinya,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang berminat, silahkan melakukan pendaftaran dengan menghubungi saudara Ivan ke nomor kontak 0852-4500-7108 atau saudara Rezha ke nomor kontak 0856-5212-6974.

Adapun syarat dan ketentuan untuk mendaftar, lanjut Kapolres, yaitu membawa foto copy KTP dan kartu keluarga (KK) orang tua pasien, akte/surat keterangan lahir. 

Kemudian, kondisi pasien harus sehat, tidak demam, batuk, pilek dan pucat. Selanjutnya, usia minimal 3 bulan, berat badan 5 Kg untuk pasien bibir sumbing. Dan usia minimal 1 tahun, berat badan 10 Kg untuk pasien celah langit-langit.

Sementara Dokter Doni Setiawan saat dihubungi menyatakan siap membantu dan bekerjasama dengan Polres Singkawang dalam rangka menyukseskan kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit secara gratis kelak. 

“Dukungan itu baik dalam bentuk kegiatan operasi maupun obat-obatan lainnya yang akan dibutuhkan,” katanya.

Media Center Singkawang – Government Public Relations