Singkawang, MC – PJ. Wali Kota Singkawang Sumastro bersama tim teknis meninjau lokasi tanggul yang jebol di Kelurahan Semelagi, Kecamatan Singkawang Utara, Kamis (9/3/2023).

Kedalaman banjir yang menggenangi beberapa titik Kecamatan Singkawang Utara pun beragam karena tanggul tersebut tidak mampu menahan tingginya debit air.

“Pemerintah Kota Singkawang tidak dapat sembarangan melakukan upaya penanganan banjir di Kota Singkawang ini. Maka, dibutuhkan langkah yang tepat untuk mengatasi banjir yang terjadi di Singkawang. Langkah yang keliru malah akan berdampak terhadap masyarakat di wilayah lainnya,” ujar Sumastro saat diwawancarai usai peninjauan.

Sumastro menyadari usia tanggul yang sudah cukup tua sehingga berpengaruh terhadap kemampuannya menahan air. Selain itu, pemerintah terkendala biaya untuk meninggikannya. “Pemerintah mau saja meninggikan tanggul ini, tapi lagi-lagi ya itu, wani piro?,” tambahnya.

Hingga kini, air masih menggenangi Kecamatan Singkawang Utara. Banjir diprediksi semakin meningkat seiring curah hujan yang terus terjadi di Kota Singkawang dan sekitarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik