Singkawang, MC – Upacara detik-detik proklamasi dan penurunan bendera dalam rangka HUT ke-78 RI yang digelar di halaman kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (17/8/2023) berlangsung khidmat.

Dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, HUT ke-78 RI kali ini semakin spesial dengan momentum Presidensi Indonesia yaitu KTT ASEAN 2023.

Pada pelaksanaan kedua upacara tersebut, Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro bertindak sebagai Inspektur Upacara yang diikuti ratusan peserta terdiri dari ASN, jajaran TNI/Polri, Pelajar, Mahasiswa, Gabungan Pemadam Kebakaran serta tamu undangan.

Pada Upacara pengibaran bendera diawali dengan pembacaan teks Proklamasi untuk mengenang peristiwa bersejarah kemerdekaan RI 78 tahun silam dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang beranggotakan siswa dan siswi SMA/sederajat di Kota Singkawang.

Selepas menemui untuk memberikan apresiasi kepada para pengibar bendera dan foto bersama, Sumastro bersama jajaran Forkopimda Kota Singkawang mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual yang ditayangkan langsung dari istana kepresidenan.

Pada moment peringatan HUT ke-78 RI tersebut, PJ. Wali Kota juga secara simbolis memberikan remisi kepada enam warga binaan Lapas Kelas II b Kota Singkawang, serta pemberian Penghargaan Legiun Veteran.

Pj. Wali Kota Sumastro mengungkapkan rasa gembiranya, atas pelaksanaan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih oleh Pasukan Paskibraka yang dinilainya berjalan sukses dan sesuai harapan.

“Saya bergembira sekali, pelaksanaan pengibaran Sang Saka Merah Putih yang dilakukan putra/putri Paskibra Kota Singkawang berjalan sukses dan sesuai harapan,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu mengobarkan semangat kemerdekaan, yang akan menjadi modal utama dalam merawat keberagaman di Kota Singkawang.

“Tentulah, semangat kemerdekaan ini harus selalu kita kobarkan, dan kita jadikan modal yang kuat untuk merawat keberagaman kita di Kota Singkawang,” pesannya.

Bid. IKP