Singkawang, MC – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) X Kota Singkawang resmi digelar di Kecamatan Singkawang Selatan pada tanggal 14-18 Juli 2023.

Kegiatan dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu Mimbar Utama MTQ X Halaman Kantor Camat Singkawang Selatan, Masjid Baiturrahman Sedau dan SDN 50 Sedau dengan lima cabang Musabaqah yaitu Tilawah, Tahfidz, Fahmil Qur’an, Khottil Qur’an, dan Syarhil Qur’an.

MTQ X secara resmi dibuka Pj Sekda Singkawang Aulia Candra, Jumat (14/7/2023) malam.

Kepada seluruh peserta, Pj Sekda berharap nanti dapat menjadi peserta MTQ tingkat nasional. Ia pun berpesan kepada Dewan Hakim untuk benar-benar memberikan nilai yang sesuai dengan kualitas peserta.

“Saya berharap, semoga pemenang dalam MTQ kali ini, dapat menjadi peserta MTQ tingkat nasional,” harapnya.

“Dewan Hakim dalam memberikan nilai itu, harus benar – benar sesuai kualitas peserta,” pesannya.

Ia juga mengigatkan peserta untuk tidak fokus mengincar hadiah tetapi mengutamakan urusan akhirat, karena ketika akhirat menjadi tujuan niscaya urusan dunia akan mengikuti.

“Peserta jangan hanya fokus mengincar hadiah, utamakan lah urusan akhiratnya. Karena ketika akhirat menjadi tujuan, niscaya urusan dunia akan mengikuti,” nasihatnya.

Terkait keterbatasan anggaran dalam pelaksanaan MTQ X, Pj. Sekda mengatakan, jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang dakwah dan syiar ajaran Islam.

“Janganlah keterbatasan anggaran ini, menjadi penghalang kita dalam dakwah dan syiar ajaran Islam,” katanya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kota Singkawang, Irwan mengajak seluruh masyarakat untuk selalu meramaikan acara-acara bernuansa Islami, hal itu sebagai wujud penguatan ukhuwah dan cerminan kekuatan Islam sebagai agama Rahmatan lil alamin.

“Mari kita ramaikan setiap acara-acara yang bernuansa Islami agar semakin kuat ukhuwah kita dan sekaligus sebagai cerminan kekuatan Islam sebagai agama Rahmatan lil alamin,” serunya.

Untuk diketahui, seluruh pemenang di setiap cabang MTQ X, akan mewakili Singkawang dalam MTQ XXXI Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023 di Kabupaten Sanggau.

Bid. IKP