Singkawang, MC – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Singkawang menggelar Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS RPJPD Tahun 2025-2045 dan RPJMD 2025-2030 Kota Singkawang di Basement Kantor Wali Kota, Selasa (21/11/2023).

Hal ini untuk mendapatkan perumusan skenario pembangunan berkelanjutan sebagai lanjutan dari tahapan penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang sudah dilewati.

Kegiatan yang dibuka Pj Sekda, Aulia Candra, diikuti 124 peserta yang berasal dari unsur OPD, LSM, Kepala BUMN/BUMD, Ketua Lembaga/Sekolah/Penguruan Tinggi, Ketua Organisasi Masyarakat/Agama/Budaya beserta Anggota Pokja Penyusunan KLHS RPJPD dan RPJMD Kota Singkawang.

Dikarenakan penyusunan KLHS tersebut melibatkan semua stakeholder yang ada, Pj. Sekda, meminta dan mengharapkan partisipasi aktif seluruh peserta untuk memberikan saran, ide kreatif serta pendapatnya, demi menyempurnakan kebijakan, rencana atau program dalam dokumen KLHS.

Ia mengapresiasi kerja keras Tim Penyusun KLHS yang telah bekerja keras secara maksimal dalam 3 bulan belakangan ini. Ia menyebut hal itu sebagai sebuah prestasi yang patut dihargai.

Ia meninginkan agar setiap perencanaan yang dibuat sematang mungkin, demi mempermudah seluruh pekerjaan demi tercapainya target serta memperbaiki tingkat realisasi anggaran.

“Perencanaan itu haruslah dibuat sematang mungkin demi memudahkan pekerjaan kita, tentulah nantinya berimbas pada pencapaian target dan realisasi anggaran menjadi semakin baik tentunya,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Emy Hastuti mengatakan, penyusunan KLHS RPJPD 2025-2045 dan RPJMD 2025-2030 Kota Singkawang sudah dimulai sejak Agustus 2023.

Ia mengatakan, langkah tersebut dimulai dari kegiatan Kick Off, pembentukan Tim Penyusun/Pokja, pengumpulan data, FGD I-III dan Konsultasi Publik I.

“Kita sudah mulai menyusun KLHS ini dari bulan Agustus 2023, dimulai dari kegiatan Kick Off, pembentukan Tim Penyusun/Pokja, pengumpulan data, FGD I-III dan Konsultasi Publik yang pertama,” katanya.

Bid. IKP