Singkawang, MC – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Singkawang bekerjasama dengan Pontianak Post menggelar pelatihan penulisan artikel ilmiah populer bagi guru di Kota Singkawang, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan yang akan dipusatkan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang akan menghadirkan pakar pendidikan Kalbar DR Aswandi dan pemred Pontianak Post Herityanto Sagiya sebagai narasumber.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, H Asmadi mengapresiasi dan mendukung kegiatan kemitraan Pontianak Post dan PGRI Kota Singkawang. Tentunya, kata dia, melalui penulisan artikel  ilmiah populer bagi guru merupakan sebagai upaya meningkatkan potensi guru dalam rangka pengembangan potensi dan profesionalitas guru itu sendiri.

“Tentu kegiatan ini untuk mengisi perigatan hari guru ke-76 dan hari guru nasional tahun 2021 di kota Singkawang. “Hidup guru dan maju selalu, solidaritas, Dirgahyu PGRI ke 76,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Singkawang Asep Wahyudin mengatakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer bekerjasama dengan Pontianak Post serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang sesuai dengan visi dan misi yang diemban PGRI sebagai organisasi perjuangan dalam menjalankan fungsinya.

“Kegiatan ini sesuai dengan misi dan misi PGRI sebagai organisasi perjuangan yakni peningkatan kompetensi guru, perlindungan hukum dan ketenagakerjaan/kesejahteraan guru,” ungkapnya.

Kegiatan pelatihan ini merupakan menjalankan fungsi perjuangan atau untuk di pengembangan kompetensi guru itu dan akan sebagai awal sebagai lanjutan kegiatan pada 2 November 2021 nantinya. Kolaborasi ini tentunya akan bermanfaat bagi guru untuk peningkatan kompetensi guru guru Kota Singkawang dalam menghadapi era digital saat ini.

“Sehingga tentunya memberikan pemahaman dan membantu para guru dalam kegiatan tulis-menulis di era digital baik dalam mendukung kinerja guru maupun saat penulisan dalam media sosial,” jelasnya.

Selain itu, kata Asep, melalui pelatihan ini juga ikut membantu nantinya para guru mengisi angka kredit dalam jenjang karir para guru.

“Jika tulisan mereka diterbitkan di media seperti Pontianak Post akan membantu nilai kredit poin guru untuk kenaikan pangkat sehingga jika kredit poin terpenuhi maka membantu para guru meningkatkan kesejahteraan para guru itu sendiri,” jelasnya.

Pihaknya berharap kolaborasi ini dapat terus berkesinambungan bersama mitra strategis PGRI dalam hal ini Disdikbud Singkawang di era digital saat ini guna terwujudnya pendidikan bermutu menuju Singkawang Hebat.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik