Singkawang, MC – Sekretaris Daerah Kota Singkawang Sumastro membuka acara Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) ke-III Kota Singkawang di Atrium Singkawang Grand Mall, Jumat (4/11/2022). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 4-5 November 2022.

“Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan yang maha Esa, hari ini kegiatan Pesparawi ke-III Kota Singkawang secara resmi dimulai. Atas nama Pemerintah Kota Singkawang, saya mengucapkan selamat atas pembukaan kegiatan Pesparawi ini,” ujarnya.

“Beberapa tahun belakang, seperti yang diketahui, berbagai macam event ditiadakan karena pandemic Covid-19. Maka dari itu, patut kita syukuri bersama atas nikmat Tuhan yang berikan, sehingga kita bisa kembali menggelar kegiatan-kegiatan yang ada. Seperti salah satunya Pesparawi ke-III di Kota Singkawang,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sumastro mengatakan pelaksanaan Pesparawi memberikan dampak positif dalam membangkitkan nilai-nilai keagamaan dengan semangat toleransi dan harmoni. Ia berharap semangat dan dampak positif ini dapat terus mengukuhkan Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia.

“Ini adalah sebuah event yang sangat kita harapkan yang memberikan efek positif dalam pengembangan SDM, khususnya di bidang keagamaan. Penuh dengan semangat toleransi dan harmoni yang relevan dengan cita-cita kita di Kota Singkawang. Mudah-mudahan, kita bisa terus tetap mengukuhkan Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia,” ungkapnya.

Seusai memberikan sambutan dan membuka kegiatan secara resmi, Sekretaris Daerah  Sumastro menyerahkan piala bergilir kepada Ketua Panitia Pesparawi ke-III Kota Singkawang. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pembacaan ikrar juri yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Singkawang Sumastro dan diikuti oleh para juri.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesparawi ke-III Kota Singkawang, Ferdinand Lampe mengatakan kegiatan ini mengangkat tema “Hanya dekat Allah, Aku tenang”. Total keseluruhan peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 peserta yang terbagi dalam 6 cabang perlombaan, yaitu cabang Solo Anak usia 5-8 Tahun, Solo Anak usia 9-12 Tahun, Solo Remaja Putra, Solo Remaja Putri, Vocal Group dan Musik Pop Group Gerejawi.

“Panitia juga mengusung sub-tema pada Pesparawi ke-III Kota Singkawang, yaitu PESPARAWI menjadi sarana umat, pemersatu bangsa untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan seluruh ciptaan Tuhan, serta menghargai keberagaman menuju Singkawang Hebat. Kita doakan Kota Singkawang semakin hebat supaya menjadi barometer di Indonesia,” ujarnya.

“Terimakasih atas dukungan dan pendanaan dari Pemerintah Kota Singkawang, sehingga membantu LPPD Kota Singkawang untuk dapat menyelenggarakan Pesparawi yang ketiga ini. Mudah-mudahan, setiap cabang perlombaan berjalan dengan baik. Kedepannya, kita usahakan agar seluruh cabang lomba lainnya untuk dapat diperlombakan pada Pesparawi berikutnya,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik