Singkawang, MC – Musyawarah cabang persatuan tarbiyah Islamiyah (PERTI) tahun 2022- 2027 digelar di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Sabtu (24/09/2022).

Dengan mengusung tema “ Tanpa Henti Berbakti Untuk NKRI “ kegiatan musyawarah cabang (Muscab) persatuan Tarbiyah Islamiyah Kota Singkawang menjadi sebuah momentum bagi umat Islam di Kota Singkawang, berkontribusi untuk kemajuan NKRI melalui perjuangan menjaga Ukhuwah Islamiyah demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Mewakili Wali Kota Singkawang, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Bujang Sukri mengatakan kegiatan dilaksanakan sebagai wujud mengevaluasi dan merumuskan program kerja khususnya di bidang pendidikan Islam dalam menghadapi era digital yang benar-benar harus dihadapi oleh umat Islam dengan tetap istiqomah dijalur yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ia berharap kepengurusan PERTI masa bakti berikutnya bisa lebih baik dari kepengurusan sebelumnya.

Menurutnya, dalam menghadapi era global berbasis digital yang sekarang ini, PERTI juga harus menyiapkan program kerja untuk meningkatkan SDM Islam yang tanggap terhadap perkembangan teknologi digital demi menjawab tantangan zaman dengan tetap sesuai dengan jalur syariat Islam.

“Saya minta kepada PERTI, agar menyiapkan sebuah program pendidikan Islam yang berbasis digital, agar generasi Islam dapat bersaing dalam menghadapi tantangan zaman,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Muhlis mengatakan Persatuan Tarbiyah Indonesia (PERTI) semenjak tahun 2016 sudah tidak terpengaruh oleh partai politik manapun di Indonesia setelah 32 tahun di masa orde baru, PERTI dijadikan sebagai alat politik.

Ia mengapresiasi keberagaman pemahaman serta perkembangan organisasi Islam di Kota Singkawang, karena perbedaan itu adalah sebuah anugerah dan rahmat dari Allah untuk kita.

“Saya kagum dan mengapresiasi perkembangan organisasi Islam dengan beragam pemahaman di Kota Singkawang, karena itu adalah anugerah dan rahmat dari Allah,“ katanya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik