Singkawang, MC – Wakil Gubernur Ria Norsan membuka kegiatan Raker Komwil V APEKSI Regional Kalimantan Tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Singkawang di Ballroom Hotel Mahkota, Kamis (17/3/2022). Kegiatan ini diikuti oleh para Wali Kota se-Kalimantan dengan mengangkat tema “Smart City Sebagai Solusi Permasalah Perkotaan”.

Perwujudan Smart City merupakan suatu langkah penguatan infrastruktur TIK yang dimaksudkan untuk pemerintah dan masyarakat. Terkait hal tersebut, Wakil Gubernur Ria Norsan mengatakan kehadiran SDM-SDM yang unggul di daerah perlu dipersiapkan sedini mungkin mengingat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan berada di Kalimantan dalam beberapa waktu kedepan.

Dibalik kekayaan sumber daya alam Indonesia yang dapat habis, hal ini harus berbanding lurus dengan kehadiran dan partisipasi SDM-SDM unggul yang dapat mengelola daerah, menjaga kelestarian alam dan menghadirkan pembangunan.

“Jadi, mulai dari sekarang, kita harus mempersiapkan SDM unggul supaya nanti masyarakat lokal di wilayah Kalimantan tidak hanya menjadi penonton. Dimana, kita harapkan para SDM unggul ini bisa menjadi pemain dapat mengelola daerahnya sendiri,” ujarnya.

“Melalui APEKSI ini, kita memikirkan kepentingan anak cucu kita terhadap bagaimana wilayah Kalimantan nantinya. Wilayah Kalimantan itu luas dan sumber daya alam yang bisa dikembangkan masih ada. Tinggal bagaimana kita mengelola dan bangun SDM. Kita sekolahkan mereka,” tambahnya.

Selain itu, Ia juga berharap melalui diskusi pada Raker Komwil V APEKSI Regional Kalimantan ini dapat melahirkan program-program ungggulan yang dapat mensejahterakan masyarakat. Ia pun memberikan wejangan agar pemerintah dan masyarakat bisa tetap bangkit di tengah kesulitan yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan, melalui diskusi pada Raker Komwil V APEKSI Regional Kalimantan ini dapat melahirkan program-program ungggulan yang dapat mensejahterakan masyarakat. Yes, we can do it,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik