Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melakukan audiensi dan konsultasi ke Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial RI di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Audiensi tersebut dipimpin Pj Wali Kota Singkawang didampingi Kepala Dinas Sosial, PPPA, Kepala Bagian Kesra, Sekretaris Dinas Kesehatan dan KB serya BPJS Kesehatan Singkawang.

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan audiensu bertujuan untuk memperjuangkan Kota Singkawang dalam meraih status Universal Health Coverage (UHC).

“Artinya seluruh masyarakat miskin dan sudah tak miskin di Kota Singkawang ini mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan nasional (JKN),” ungkap Sumastro.

Menurutnya, bagi yang sudah tidak miskin harus punya keswadayaan bayar iuran BPJS sendiri, sesuai prinsip gotong royong untuk Indonesia Sehat.

Namun hal itu memiliki sebuah tantangan. Tantangannya, kata Sumastro bagaimana upaya kita lakukan verifikasi dan validasi data penduduk miskin dan tidak miskin secara objektif yang didukung digital management dengan pendekatan by name/by address/by pictures/by location coordinate.

“Tantangannya adalah bagaimana upaya kita lakukan verifikasi dan validasi data penduduk miskin dan tidak miskin secara objektif yang didukung digital management,” ujarnya.

“Ayo, kita perjuangkan Kota Singkawang UHC demi kemanusiaan,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik