Singkawang, MC – Aksi bersih sampah dan menanam pohon mewarnai peringatan Word Cleanup Day atau hari bersih-bersih sedunia di Kota Singkawang. Aksi bersih sampah ini diikuti OPD, Camat, Lurah, organisasi dan Komunitas Lingkungan di Taman Gunung Sari, Jumat (22/9/2023).

Peringatan Word Cleanup Day tahun ini mengusung tema “Kami 13 Juta Relawan Bijak Kelola Sampah Menuki Indonesia Bersih”.

Pj Sekda Singkawang, Aulia Candra ikut serta dalam aksi bersih sampah tersebut. Ia berharap aksi ini menjadi momentum kebersamaan mewujudkan Singkawang bebas sampah.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum persatuan seluruh masyarakat dengan keberagaman suku, budaya dan agama untuk bersama mewujudkan Singkawang bebas sampah,” harap Pj Sekda.

Menurutnya, lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat adalah tanggung jawab bersama seluruh umat manusia sebagai penghuni bumi sekaligus produsen sampah itu sendiri.

“Untuk itu berbagai upaya menjaga kebersihan selayaknya juga dilakukan atas kesadaran bersama tanpa paksaan dan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Pj Sekda mengatakan topik sampah sudah bukan lagi persoalan membuang sampah pada tempatnya atau ketersediaan tong sampah di setiap sudut gang, namun lebih pada upaya penanganan sampah yang dapat memberikan kontribusi lebih dalam pertumbuhan ekonomi.

“Slogan “sampahmu, tanggung jawabmu”, “pilah sampah dari rumah” adalah mindset penting yang harus terus diwujudkan, tidak hanya sebatas jargon. Sekarang bagaimana upaya preventif mencegah timbulan sampah dari hulu hingga hilir adalah solusi terbaik yang dapat kita lakukan,” ujarnya.

Harapan kita bersama, semakin hari permasalahan sampah dapat terselesaikan dari setiap rumah tangga sehingga timbulan sampah yang berakhir di TPA semakin menurun.

“Mari bersama-sama kita bangun kebiasaan “Jangan nyampah”. Dimulai dari yang terkecil, dari diri sendiri kemudian akan menjadi kebiasaan besar yang menyebar dan membawa kebaikan untuk berkelanjutan bumi tercinta,” ajaknya.

Bid. IKP