Singkawang, MC – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Singkawang, Sumastro mengatakan peran guru sebagai orang tua harus dimiliki, karena keberhasilan siswa bukan hanya terfokus pada ilmu yang ditransfer seorang guru saja. 
“Tugas guru sebagai pengajr belum cukup untuk mencapai keberhasilan siswa dan tujuan pendidikan nasional,” kata Sumastro saat membuka seminar pendidikan di kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, guru merupakan figur yang akan dituruti oleh anak didiknya. Oleh karena itu, kata Sumastro figur guru harus mampu mendidik sifat, sikap, dan mental anak didiknya.

“Caranya dengan pendekatan individu kepada siswanya, guru sudah melakukan perannya sebagai orang tua. Berikan senyuman dan tegur sapa kepada murid, bila perlu rangkul mereka dan saya yakin anak didik yang nakal dan bandel akan menjadi anak yang baik,” ujarnya.

Sebagai guru tanamkan pada diri kita bahwa guru sebagai orang tua kedua bagi anak didiknya. Sudah selayaknya guru harus mampu mencurahkan perhatian kepada anak didiknya.

“Jangan patahkan cita-cita mereka dengan serba melarang apa yang sedang dikerjakan. Kita lihat apakah yang dia kerjakan, apakah yang dia kerjakan mengganggu pelajaran atau tidak, berbahaya atau tidak. Kita seharusnya bisa membimbingnya,” katanya.

Ia percaya dengan potensi, kompetensi dan dedikasi tinggi serta kerja keras, bapak ibu guru mampu memberikan pelayanan pendidikan di Kota Singkawang agar lebih baik dan lebih bermutu serta lebih maju.

“Pesan saya, jadikan hari ini sebagai tonggak bahwa kita akan tanpa lelah terus bekerjasama dan berjuang untuk memajukan Kota Singkawang khususnya bangsa Indonesia umumnya umumnya untuk menjadi bangsa yang unggul di segala bidang,” pesannya.

MC. Kota Singkawang