Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menghadiri kegiatan Harmonisasi, Sosialisasi dan Pembinaan Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Barat di Aula PAUD Alam Terbuka, Jumat (22/7/2022).

Dalam sambutannya, Wali Kota Tjhai Chui Mie mengakui pentingnya pendidikan anak usia dini yang mengasah karakter positif pada anak sejak dini melalui pendidikan. Ia percaya anak usia dini yang dibekali pendidikan akan menjadi teladan dalam berperilaku baik di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Pendidikan Anak Usia Dini itu sangat penting karena merupakan pendidikan dasar bagi anak-anak. Mereka ditanamkan dan diajarkan ilmu-ilmu yang baik sejak usia dini supaya menjadi suatu kebiasaan yang mendarah daging ketika tumbuh besar nanti,” ujarnya.

“Misalnya, budaya disiplin bangun pagi, keseragaman dengan memakai seragam sekolah, penerapan budi pekerti dan kebudayaan. Suatu saat, peranan manusia bisa digantikan oleh teknologi, robot atau digitalisasi. Tapi budi pekerti dan budaya itu tidak bisa digantikan oleh apapun,” tambahnya.

Ia berpesan agar setiap orang tua dapat berkontribusi memperhatikan pendidikan anak demi kebaikan anak di masa depan. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa daya serap anak usia dini lebih cepat untuk menangkap berbagai pendidikan dan mampu meniru perilaku orang dewasa. Untuk itu, ia berharap agar seluruh anak-anak di Kota Singkawang mendapatkan pendidikan yang layak dan merata.

“Kalau pintar tapi kurang ajar itu tidak mau dipakai siapapun. Tapi, kalau anak punya budi pekerti dan berkemauan tinggi walaupun tidak pintar-pintar amat, di masa depan dia akan jadi orang yang berguna. Perlahan tapi pasti, pengalaman, pengetahuan dan keahliannya bertambah,” ujarnya.

“Jadi, kita mengajarkan anak bukan semata-mata untuk kepintaran semata. Tapi, bagaimana dia bisa menghormati orang tua, saudara, teman-teman dan lingkungannya. Maka dari itu, penting bagi para guru, Bunda PAUD dan orang tua untuk terus memperhatikan perkembangan anak dan pendidikannya,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Wali Kota juga menyalurkan bantuan alat permainan edukatif dan alat tulis kantor dari Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat kepada Bunda PAUD Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik