Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyambut baik adanya pembangunan TPS 3R Maju bersama Kelurahan Setapuk Besar dari Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Kementerian PUPR.

“Harapan saya adanya TPS 3R ini dapat memotivasi dan ajakan kepada kita semua khususnya masyarakat Kelurahan Setapuk Besar untuk berpartisipasi aktif melakukan pengelolaan sampah di lingkungan masing-masing,” kata Tjhai Chui Mie, Selasa (8/12/2020).

Ia menuturkan masyarakat memiliki peranan penting dalam pengelolaan sampah di lingkungan masing-masing melalui penerapan prinsip 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle.

“Dengan melakukan pemilahan sampah di rumah, mengolah sampah organik menjadi kompos dan membawa tas belanja sendiri untuk menghindari penggunaan kantong plastik,” ujarnya.

Ia mengatakan pemilahan sampah secara mandiri oleh masyarakat maupun kelompok masyarakat merupakan implementasi dari kebijakan pengelolaan sampah berbasis partisipasi masyarakat.

Guna berhasilnya TPS 3R ini, Tjhai Chui Mie berharap keterlibatan masyarakat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan TPS 3R dengan melakukan pengelohan sampah.

“Semoga TPS 3R ini memberikan paradigma baru kepada masyarakat tentang bagaimana cara penanganan sampah yang baik sehingga dapat mendukung dan membantu pemerintah menciptakan kota yang bersih, teduh dan hijau,” harapnya.

Adanya partisipasi masyarakat juga akan memudahkan penanganan sampah di skala kota dan juga ikut menurunkan beban penanganan sampah baik di TPS maupun di TPA.