Singkawang, MC – Festival Wisata Budaya Bugis resmi digelar di Kota Singkawang, puncaknya dilaksanakan di Rumah Adat Melayu pada Sabtu (27/5/2023) malam.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Kalbar dan Kota Singkawang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Wakapolres Singkawang dan para tamu undangan lainnya.

Mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat Rita Hastarita mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah menginisiasi kegiatan yang sangat positif ini.

Rita mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat selalu mendukung segala bentuk kegiatan yang bersifat kebudayaan dan upaya pelestarian dalam rangka mendukung kemajuan budaya di Kalimantan Barat.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang bersifat kebudayaan dan upaya-upaya pelestarian yang dilakukan oleh FKOB. Terimakasih telah membina anak-anak muda untuk melakukan kegiatan kebudayaan. Sehingga anak-anak ini nantinya dapat menjadi pelestari budaya,” ucapnya.

Rita menambahkan, dengan kehadiran dan bersatunya masyarakat orang bugis dapat menempatkan diri sebagai motor penggerak pengembangan kemajuan budaya dan pengembangan pariwisata di masa mendatang.

“Saya yakin dan percaya jika festival ini rutin dilakukan maka masyarakat akan semakin mengenal budaya bugis dan tahu pentingnya melestarikan budaya agar tidak hilang ditelan jaman,” katanya.

Ia berharap, Festival Wisata Budaya Bugis ini juga dapat membantu perekonomian dan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Singkawang.

“Mari sama-sama kita sukseskan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum FKOB Kalbar Ardiansyah mengatakan Kegiatan Festival Wisata Budaya Bugis ini sebelumnya telah dilaksanakan di Kuburaya dan Mempawah. Dan sekarang Kota Singkawang mendapat kesempatan menyelenggarakan kegiatan ini.

“Di tahun 2023 kita telah mengadakan kegiatan ini sebanyak 3 kali, sebelumnya di Kuburaya dan Mempawah, sekarang giliran di Singkawang. Selanjutnya kita akan adkaan kembali di Pontianak,” jelasnya.

Ardiansyah menjelaskan, FKOB akan selalu konsisten setiap tahunnya untuk terus melestarikan adat budaya bugis serta berupaya selalu menyatukan masyarakat bugis di seluruh Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat melalui berbagai kegiatan seni budaya bugis.

“Selaras dengan tujuan kita bersama, sebagai upaya melestarikan budaya nenek moyang kita dan untuk menguatkan persatuan seluruh masyarakat bugis di Kalimantan Barat. FKOB akan terus berupaya mengadakan kegiatan budaya sehingga diharapkan budaya bugis tidak akan punah,” sambungnya.

Selain dimeriahkan dengan rangkaian seni budaya bugis, pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan uang pembinaan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar kepada sejumlah anggota FKOB Kota Singkawang yang aktif dalam kegiatan Seni Budaya Bugis.

Bid. IKP