Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang bersama Pemerintah Provinsi Kalbar secara resmi menyerahkan cadangan jagung bantuan pemerintah.

Penyerahan dilakukan Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro bersama Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar Heronimus Hero di Bulog Singkawang, Senin (22/1/2024).

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan bantuan ini menjadi bagian perhatian dari pemerintah mengendalikan harga daging ayam agar tidak melonjak.

“Jagung ini kualitasnya baik dan telah diakui peternak. Jagung ini dijual dengan harga subsidi sebesar Rp5.500, per kilogram,” katanya.

Sumastro menyebutkan upaya ini untuk mengendalikan inflasi terutama yang disebabkan kenaikan harga ayam.

Ia berharap cadangan jagung ini membantu peternak agar bisa mengendalikan harga. “Dan selanjutnya harha ayam dan telur yang dijual kepada konsumen tidak melonjak,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar Heronimus Hero menyebutkan saat ini kondisi harga jagung yang tinggi sangat mempengaruhi harga telur maupun ayam.

“Sehingga Pemerintah mengambil kebijakan untuk menyalurkan Cadangan Jagung Pemerintah untuk peternak,” katanya.

Ia mengatakan Penyediaan Cadangan Jagung Pemerintah tersebut melalui penugasan Badan Pangan Nasional ke Bulog untuk mengimpor 500 ribu Ton pada tahap awal ini yang sebelumnya Kalimantan Barat tidak ada jatah. Namun, pihaknya mengusulkan melalui asosiasi Perhimpunan Insan Perunggasan Indonesia yang disetujui oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat.

“Jadi kita usulkan sehingga Menteri Pertanian memberi jatah untuk peternak terutama yang layer peternak telur dan tahap ini kita dapat jatah 4.933 Ton. Ini sebagian besar karena respon pertama peternak layer dari Singkawang dan kita dapat jatah untuk 9 peternak baik klasifikasi menengah, kecil maupun peternak besar dan semuanya itu tahap ini dapatnya di Singkawang,” ujarnya.

Bid. IKP