Singkawang, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Kampanye Rapat Umum Pemilu Tahun 2024 di Hotel Mahkota Singkawang, Jumat (19/1/2024).

Pj. Wali Kota, Sumastro didampingi Kepala OPD terkait turut hadir dalam Rakor yang dikuti oleh seluruh perwakilan Partai Politik peserta Pemilu 2024 dan seluruh Ketua Tim Kampanye paslon Capres/Cawapres.

Rakor diselenggarakan berdasarkan ketentuan Pasal 49 ayat 2 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2023 yang mengamanatkan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk menetapkan Jadwal Kampanye Pemilu.

Berdasarkan kesepakatan KPU RI dengan TKN dan DPP Parpol peserta Pemilu 2024, prinsip penyusunan jadwal kampanye rapat umum Pemilu 2024 yang akan berlangsung dari tanggal 21 Januari-10 Februari 2024 akan dilaksanakan mulai pukul 09.00-18.00 (sesuai zona waktu wilayah).

Sedangkan berdasarkan zonasi, kampanye kali ini dibagi menjadi 3 zona yaitu zona A, B dan C. Kalimantan Barat tergabung dalam zona B bersama Sumatera Utara, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku utara.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan sejauh ini seluruh proses menuju Pemilu 2024 di Kota Singkawang berjalan dengan aman dan lancar. Hal itu dianggapnya sebagai bentuk kesiapan kota Singkawang mensukseskan Pemilu serentak 2024.

“Dalam proses menuju pemilu 2024, Alhamdulillah sejauh ini tidak ada gangguan keamanan di Singkawang, ini menunjukkan bahwa Singkawang siap mensukseskan pelaksanaan Pemilu,” katanya

“Pemilu ini harus jadi sebuah proses pendewasaan demokrasi di negeri kita,” tambah Sumastro.

Kepada seluruh Tim Kampanye Capres/Cawapres beserta Parpol pendukungnya, Ia meminta untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan meskipun berbeda pilihan.

“Meski berkompetisi dalam Pemilu, kita harus tetap junjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan kita, hidupkan suasana persaudaraan dalam ritual demokrasi Pemilu dan Pemilukada serentak 2024,” pungkasnya.

Sementara Anggota KPU Singkawang, Ayu Gintari menyampaikan perkembangan persiapan logistik Pemilu 2024 yang sudah menyelesaikan proses pelipatan surat suara dan kini masuk ke tahap penyortiran.

Ayu juga melaporkan jumlah anggota KPPS di Kota Singkawang sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, dan saat ini sedang dilakukan tahap pemeriksaan kesehatan yang selanjutnya akan dilantik pada tanggal 25 Januari 2024 di Lapangan Kridasana.

“Jumlah anggota KPPS kita sudah memenuhi kuota dan kini sedang masuk ke tahap pemeriksaan kesehatan, Insya Allah di tanggal 25 Januari 2024 akan ada pelantikan anggota KPPS di Lapangan Kridasana,” ujarnya.