Singkawang, MC – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Singkawang menggelar Rapat Persiapan Pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Aula Kesbangpol, Senin (31/7/2023). Rapat dihadiri Pj Wali Kota Singkawang, Forkopimda dan OPD terkait.

Dalam arahannya, Pj Wali Kota Sumastro mengatakan perayaan HUT RI yang setiap tahun dilaksanakan adalah bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan. Ia berharap hal itu dapat menginspirasi nilai-nilai patriotik dalam diri setiap anak bangsa.

“HUT RI ini adalah bentuk wujud rasa syukur kita atas nikmat kemerdekaan,” ujarnya.

“Semoga ini menginspirasi nilai-nilai patriotik dalam diri setiap anak bangsa,” harapnya.

Agar persiapan semakin matang, Ia meminta Badan Kesbangpol selaku leading sektor untuk terus berkoodinasi dengan seluruh sektor, baik OPD maupun Forkopimda. Supaya segala bentuk kendala dan tantangan dalam pelaksanaan dapat diantisipasi dengan baik, sehingga acara bisa berjalan lancar.

“Kesbangpol selaku leading sektor harus berkoordinasi secara baik dengan seluruh sektor agar kita bisa mengantisipasi segala kendala dan tantangan dengan baik demi lancarnya acara,” mintanya.

Khusus Pasukan Paskibraka, Sumastro meminta kepada koordinator untuk serius dalam mempersiapkan pasukannya. Ia tidak menginginkan terjadi kesalahan, baik saat pengibaran maupun penurunan bendera.

Selain itu, untuk mensukseskan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih se Indonesia, melalui rapat tersebut, Pj. Wali Kota berpesan kepada seluruh Camat dan Lurah untuk mengutamakan warga yang bertempat tinggal di tepi jalan dan yang tidak mampu, untuk mendapatkan pembagian Bendera.

“Nanti pembagian Bendera Merah Putih, Camat dan Lurah utamakan warga yang tinggal di tepi jalan dan yang tidak mampu,” pesannya.

“Kepada TNI/Polri, seluruh Camat dan Lurah untuk aktif melakukan pengawasan pemasangan bendera ke rumah-rumah dan pertokoan. Bagi yang tidak memasang beri peringatan, edukasi, dan pengarahan,” ujarnya.

Bid. IKP