Singkawang, MC – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Singkawang menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Singkawang tahun 2025-2045 di Ballroom Hotel Mahkota, Kamis (11/1/2024).

Kegiatan ini sebagai perumusan dokumen perencanaan induk yang bersifat holistik dan komprehensif, untuk menentukan arah pembangunan daerah Kota Singkawang dalam 20 tahun kedepan.

“Kegiatan hari ini merupakan momen yang sangat strategis bagi seluruh pemangku kepentingan di Kota Singkawang untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pembangunan. Dimana RPJPD ini merupakan dokumen perencanaan induk yang bersifat holistik dan komprehensif karena akan menentukan arah pembangunan Kota Singkawang dalam 20 tahun kedepan.” Kata Kepala Bappeda Kota Singkawang, Siti Kodam Mariana.

Siti Kodam Mariana menyebutkan, maksud dan tujuan dilaksanakannya forum komunikasi publik RPJPD ini adalah untuk menjadi sarana mensosialisasikan substansi dari rancangan awal RPJPD Kota Singkawang tahun 2025-2045 kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kota Singkawang.

Harapannya, dapat membangun konsep perencanaan yang partisipatif dan semakin menyempurnakan rancangan awal RPJPD Kota Singkawang tahun 2025-2045 berdasarkan masukan, saran dan pertimbangan yang akan disampaikan oleh peserta dalam forum konsultasi publik ini.

“Maksud dan tujuannya adalah sebagai sarana mensosialisasikan substansi, yang diharapkan membangun konsep perencanaan yang partisipatif, memiliki rasa kebersamaan dan ownership serta dapat menyempurnakannya berdasarkan masukan, saran dan pertimbangan dari para peserta.” imbuhnya.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan menghadirkan narasumber Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Provinsi Kalbar, A.M. Hendra Gunawan dan ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan oleh perwakilan peserta forum konsultasi publik rancangan awal RPJPD.

Bid. IKP