Singkawang, MC – Dalam 20 tahun kedepan Kota Singkawang memiliki visi membanggakan dengan slogan ‘Singkawang Cemerlang 2045’ yang diartikan Kota Singkawang Kompetitif, Maju, Merata dan Berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Singkawang tahun 2025-2045 di Ballroom Hotel Mahkota, Kamis (11/1/2024).

Sumastro mengatakan dari slogan tersebut terdapat lima misi Kota Singkawang untuk pembangunan jangka panjang tahun 2025-2045 diantaranya SDM yang unggul dan kompetitif, Ekonomi yang inklusif dan atraktif, Penataan Kota yang berkualitas maju dan merata, Transformasi tata kelola Pemerintahan serta Pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

“Yang kemudian dari lima misi itu dibagi ke dalam empat periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan arah kebijakan dan sasaran pokok yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, ekonomi, kesehatan, lapangan pekerjaan, akses kewilayahan, kualitas pelayanan publik hingga daya saing daerah.” jelasnya.

Forum Konsultasi Publik RPJPD ini, kata Sumastro sebagai langkah Pemerintah Kota Singkawang mempersiapkan diri dalam rencana pembangunan daerah untuk 20 tahun kedepan.

“RPJPD merupakan suatu perencanaan strategis yang disusun Pemerintah Daerah untuk mengarahkan dan mengatur pembangunan kewilayahan dalam jangka waktu 20 tahun,” katanya.

Selain itu, RPJPD merupakan bagian dari sistem perencanaan pembangunan yang selaras mulai dari tingkat nasional, provinsi dan daerah.

“Dokumen ini sebagai landasan arah kebijakan pembangunan daerah yang berkelanjutan dengan memperhatikan potensi daerah dan tantangan yang ada di Kota Singkawang sampai dengan tahun 2045.” katanya.

Ia mengharapkan adanya masukan dan saran yang baik dari berbagai sektor pemangku kepentingan dalam rangka mempertajam dan meningkatkan substansi dari dokumen yang akan dipersiapkan sebagai rancangan awal RPJPD ini.