Singkawang, MC – Makna sesungguhnya dari sebuah Pendidikan dan Pelatihan (diklat) adalah untuk melakukan transformasi dan memperbarui kompetensi serta pembentukan karakter nilai-nilai kepemimpinan dalam diri seorang ASN sehingga menghasilkan output yang lebih baik.

Hal ini disampaikan oleh Pj Wali Kota Singkawang Sumastro dihadapan 40 ASN yang mengikuti Pembelajaran Klasikal Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan VI Kota Singkawang Tahun 2023 di Gedung Diklat BKPSDM, Selasa (6/6/2023).

Sumastro mengatakan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ini juga merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Singkawang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja ASN agar memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan pengawas.

“Sepertinya sebagian besar ini merupakan lurah, ini bagian dari komitmen dan memberikan apresiasi dalam memperbarui kompetensi manajerial dan kepemimpinan. Dan sangat saya harapkan bisa terus membangun semangat kinerja yang optimal.” katanya.

Ia menyampaikan esensi dari diklat ini, semoga dapat diterapkan dalam menghadapi isu-isu strategis dari masing-masing tugas dan fungsi peserta ASN.

“Semoga esensi diklat ini dapat diterapkan dalam memahami isu-isu strategis dari masing-masing tupoksi jabatan peserta. Karena persoalan-persoalan di Kota Singkawang menjadi akut itu karena proses pembiaran sehingga sulit diselesaikan.” jelasnya.

Ia berharap kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti proses pelatihan dengan semaksimal mungkin guna mematangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual serta mampu menempatkan diri serta melahirkan kreatifitas dalam peranannya berkontribusi menyukseskan program pembangunan Pemerintah Kota Singkawang.

“Saya minta betul kepada para peserta, bersungguh-sungguh dalam menata, mengelola pikiran, perilaku dan kinerja. Hayati tuposksi dan lahirkan kreatifitas, karena Anda semua adalah aset-aset masa depan Pemerintah Kota Singkawang. Sehingga semoga dengan pelatihan ini dapat menghasilkan branding kepemimpinan dan manajerial yang baik.” ujarnya.

Bid. IKP