Singkawang, MC – Ketua Panitia Ritual Adat Naik Dango Kota Singkawang, Yoris Anes mengatakan konsep gelaran naik dango dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya.

“Untuk persiapan hampir selesai, tinggal hal-hal teknis terkait koordinasi dan sebagainya. Secara kematangan kita sudah siap,” katanya, Selasa (25/5/2021).

Namun dikarenakan situasi Pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Dewan Adat Dayak Kota Singkawang mengikuti anjuran Pemerintah dengan mengikuti standar protokol kesehatan demi keamanan dan kesehatan. Maka dari itu pada tahun ini Gelaran Naik Dango di Kota Singkawang hanya melaksanakan Ritual Adat saja tanpa adanya pawai dan dihadiri secara terbatas.

“Dalam acara ini tentu kita akan menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat, bahkan kita bersepakat menempuh jalur live streaming supaya semangat naik dango dapat di rasakan walaupun tanpa kehadiran secara umum,” ujarnya.

Jika sebelum Covid-19 gawai naik dango, biasanya dilaksanakan dari hari pertama hingga hari ke tujuh,mulai dari ritual adat hingga gawai dengan berbagai perlombaan di tampilkan baik lomba lagu, lomba tari, busana, mengukir, memahat, melukis perisai, bahkan artis-artis juga hadir untuk menyemarakan kegiatan gawai dayak ini.

Namun pada tahun ini, pihaknya tetap bersyukur kepada Sang Jubata, tuhan yang Maha Esa, kegiatan tetap dapat melaksanakan Ritual adat Naik dango saja, acara nya sangat sederhana, lebih khusus dan undangan juga sangat-sangat terbatas.

“Kami juga berharap masyarakat yang merindukan suasana gawai, dapat memaklumi situasi kita menghadapi masa transisi new normal (kebiasaan baru) yang mana tidak di buka secara luas, hanya kalangan terbatas saja,” ungkapnya.

Langkah yang diambil ini juga karena pihaknya berkewajiban mendukung langkah yang diambil oleh pemerintah, baik pusat hingga kota dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

“Bersyukur kita masih diberikan kesempatan untuk melaksanakan ritual adat sebagai ungkapan syukur, juga kita memohon agar kesehatan menjadi baik dan covid 19 ini segera berakhir.

Sementara itu,  Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH menyambut baik kegiatan tersebut, mengingat kegiatan tersebut untuk memelihara keberagaman adat istiadat di Kota Singkawang dan menjadi salah satu daya tarik pariwisata Kota Singkawang.

Panitia Ritual Adat Naik Dango Kota Singkawang akan bekerja sama dengan Pemerintah dengan melaksanakan Ritual yang akan disiarkan melalui Live Streaming Kominfo Singkawang.

Media Center Singkawang – Government Public Relations