Singkawang, MC – Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan selaku Ketua Tim Pencegahan dan Pemberantasan Peredaran Penyalahgunaan Narkotika (TP4GN) Singkawang, menjadi narasumber terkait pencanangan kelurahan bersih narkoba (bersinar) pada kegiatan Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumber Daya Pembangunan Kelurahan di Hotel Dangau, Selasa (25/5/2021).

Ia mengatakan sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat akan dampak dan bahaya serangan narkoba, khususnya pada anak-anak dan remaja di kota Singkawang yang kian marak.

“BNN bersama TP4GN kota Singkawang mencoba untuk menggagas kembali Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) yang akan dilakukan secara bertahap. Kami berharap gagasan ini direspon positif oleh seluruh masyarakat kota Singkawang dalam memerangi penyalahgunaan dan penyebaran narkoba.” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa narkoba, terorisme, dan korupsi merupakan bentuk kejahatan luar biasa (extraordinary crime), maka dari itu langkah penanganan yang diambil pun menghadirkan upaya-upaya yang tegas dan bersifat represif.

“Presiden telah mengeluarkan instruksi untuk memerangi narkoba dan pembentukan langkah intervensi sistematis hingga ke lini bawah. Hal ini dilakukan untuk membangun komitmen bersama dalam rangka ketahanan keluarga dalam memberantas narkoba di lingkungannya.” katanya.

Untuk itu, Irwan mengajak semua kalangan masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba dengan memperdalam ilmu agama dan mendekatkan diri pada Sang Khalik. Ia menilai dengan membangun pribadi yang positif berdampak positif pula pada pembangunan ketahanan yang baik terhadap berbagai bentuk jeratan ataupun rupa-rupa kejahatan lainnya.

“Mari bersama-sama kita bersatu untuk memerangi narkoba di negeri ini. Perdalam ilmu agama, dekatkan diri pada Sang Khalik, dan menjadi pribadi yang memberikan pengaruh baik bagi bangsa dan negara.” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Singkawang, Toto Budi Suprapto mengatakan perlu adanya intervensi yang inovatif dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Salah satuh caranya adalah dengan mengembangkan dan menggali potensi muda-mudi kota Singkawang.

“Penyalahgunaan dan peredaran narkoba pun semakin beragam dan inovatif. Untuk itu, perlu langkah intervensi yang inovatif pula. Penting untuk menggali potensi anak muda di tengah perkembangan zaman ini. Diharapkan dengan adanya intervensi dapat memberikan masukan dan membangun menuju Singkawang Bersinar (Bersih Narkoba).” ujarnya.

Media Center Singkawang – Government Public Relations