Singkawang, MC – DPRD Kota Singkawang menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Wali Kota terkait rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2023 di ruang utama DPRD Kota Singkawang, Senin (25/7/2022).

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyampaikan sebanyak 13 program prioritas Kota Singkawang pada tahun 2023, diantaranya peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasana kesehatan, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasana pendidikan, peningkatan peran pemuda dan organisasi kepemudaan dalam pembangunan, pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, peningkatan standarisasi dan promosi produk lokal, pembangunan dan peningkatan kualitas jaringan jalan dan jembatan.

“Kemudian, pembinaan pelaku ekonomi kreatif (EKRAF), peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, peningkatan kapasitas dan kualitas produksi pertanian dan perikanan, pengendalian pencemaran lingkungan, pembangunan dan pengembangan sarana dan prasana wisata, pembangunan dan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni, dan pengembangan sistem penyediaan air minum,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tjhai Chui Mie mengutarakan bahwa tahun 2023 merupakan tahun pertama dari Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Singkawang. “Pemulihan Ekonomi Yang Didukung Dengan Infrastruktur, Iklim Investasi dan Kualitas SDM Yang Berdaya Saing Tinggi” diangkat menjadi tema pembangunan Kota Singkawang tahun 2023.

Dipilihnya tema ini mengingat beberapa insiden yang mendunia sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan perekonomian, inflasi global dan lonjakan harga komoditas seperti dampak global pandemi Covid-19 dan ketegangan konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina.

Seiring perkembangan situasi perekonomian dunia, pemerintah telah mempersiapkan beberapa strategi untuk menghadapi dan mempertahankan pertumbuhan perekonomian nasional. Untuk itu, Pemerintah Kota Singkawang optimis menentukan perencanaan pembangunan daerah pada rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023.

Tjhai Chui Mie berharap rancangan ini dapat dibahas dan disepakati oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran DPRD Kota Singkawang. Kesepakatan KUA-PPAS ini nantinya kan menjadi dasar penyusunan rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 untuk memberikan stimulus perekonomian daerah yang mensejahterakan masyarakat dan berdampak positif pada kemajuan pembangunan Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik