Singkawang, MC – Selang satu hari kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2024 tingkat kecamatan kembali digelar untuk wilayah timur. Tepatnya di Aula Kantor Kecamatan Singkawang Timur, Kamis (2/2/2023).

Membuka kegiatan tersebut, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengatakan program pembangunan di tahun 2024 kemungkinan akan teralihkan dikarenakan yang menjadi fokus Pemerintah Kota Singkawang ialah mensukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak.

“Sama seperti yang saya sampaikan di selatan, pembangunan kita akan terfokus untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2024. Tapi tetap juga akan mengejar program yang dinilai prioritas. Jadi mohon maaf Ibu/Bapak apabila merasa ada pembangunan yang belum/tidak terealisasi.” katanya.

Sumastro menyampaikan untuk RKPD 2024 Kecamatan Singkawang Timur agar memprioritaskan pada penanganan Stunting karena sangat linier dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan SDM untuk jangka panjang.

“Ingin saya sampaikan terus-menerus, stunting menjadi prioritas kita bersama. Coba di Timur ini kita hidupkan kembali posyandu-posyandu untuk mengadakan penyuluhan bagi ibu hamil sehingga dapat dikontrol kesehatannya dari sebelum lahir.” tegasnya.

Selain itu juga, program yang menjadi prioritas lainnya adalah pengendalian inflasi. Ia mengimbau agar masyarakat Kecamatan Singkawang Timur secara perlahan dapat menghidupkan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di kelurahan-kelurahan sebagai bentuk mandiri pangan.

“Dan yang kedua adalah upaya pengendalian inflasi, mari ibu-ibu menghidupkan program P2L. Saya sudah meninjau di Utara, dan ternyata berhasil. Maka dari itu ini bisa jadi suatu cara mewujudkan kemandirian pangan rumah tangga.” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Singkawang Timur Nur Sahid memaparkan pembangunan yang telah dilakukan pada tahun 2022 diantaranya pembangunan jembatan, drainase parit, pengaspalan dan perbaikan jalan, renovasi Gereja St. Patri Pio, dan penyerahan bantuan Gapoktan 9 mesin pemotong rumput.

Ia mengatakan berdasarkan dari hasil Musrenbang yang telah dilakukan di lima Kelurahan permasalahan yang dirasakan masyarakat Kecamatan Singkawang Timur adalah minimnya insfrastruktur, jaringan listrik serta luasnya cakupan wilayah sehingga pembangunan masih tidak merata.

“Pada kesempatan ini pak Pj saya ingin menjelaskan kalau memang di Timur ini kita masih minim sarana prasarana infrastruktur, ada juga beberapa daerah yang kurang jaringan listrik. Karena memang wilayah kecamatan Singkawang Timur cukup luas.” paparnya.

Lebih lanjut Nur Sahid menjelaskan telah ada usulan-usulan yang menjadi program pembangunan prioritas di Kecamatan Singkawang Timur untuk RKPD tahun 2024. Ia berharap semoga beberapa dari usulan-usulan tersebut dapat terealisasi dengan baik untuk kemajuan pembangunan di Singkawang Timur.

“Untuk RKPD 2024 telah ada usulan pembangunan prioritas antara lain pembuatan jembatan Sigangokng dan beberapa jembatan lain, pengaspalan Jalan Semanok, Drainase Jalan Raya Sanggau Kulor, perbaikan Jalan Bakti Nyata Panjintan dan lain lain, pemasangan lampu jalan kelurahan, serta perbaikan lapangan sepak bola. Yang semoga ini nantinya yang menjadi prioritas dulu lah semoga akan terealisasi”. tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik