Singkawang, MC – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Singkawang menggelar Musyawarah Kota (Muskot) V untuk memilih Ketua dan Penggurus periode (2023-2028) di Aula Kantor PMI Singkawang, Rabu (13/12/2023).

Dibuka resmi Pj. Wali Kota, Sumastro, kegiatan itu turut dihadiri Ketua PMI Provinsi Kalimantan Barat, pengurus dan relawan PMI Singkawang serta perwakilan OPD terkait.

Sumastro menyebut muskot V sebagai upaya untuk mengembangkan kiprah PMI dalam mengemban misi kemanusiaan tanpa ada campur tangan kepentingan apapun didalamnya.

“Marilah kita jadikan moment ini sebagai upaya untuk mengembangkan kiprah PMI yang sungguh luar biasa tanpa ada kepentingan apapun kecuali hanya kepentingan kemanusiaan,” ungkapnya.

Bahkan ia memberikan pujian yang setinggi-tinggi atas dedikasi PMI di setiap peristiwa kebencanaan, dimana PMI lah yang selalu hadir terlebih dahulu sebelum relawan lainnya tiba di lokasi bencana.

“Hebat PMI ini, kalau ada bencana, relawan lain belum masuk ke lokasi, PMI duluan yang sudah ada disana,” tambahnya.

Pelaksanaan Muskot V itu, dipandang Pj. Wali Kota bukan hanya sekedar untuk peremajaan kepengurusan, lebih dari itu Ia ingin ketua dan pengurus terpilih bisa membawa kiprah PMI jauh lebih baik lagi, dan mampu memperkuat kolaborasi serta sinergisitas dengan segala kekuatan yang ada di Kota Singkawang.

Sementara Ketua PMI Singkawang, Suprapto mengungkapkan keterbatasan dana dan personel menjadi kendala yang dialami PMI Singkawang dalam menjalankan program-programnya.

“Kami menyadari masih banyak kekurangan yang ada pada kami sehingga program kerja yang sudah direncanakan belum bisa dilaksanakan secara optimal, mengingat akan keterbatasan dana, diri dan pengurus,” ungkapnya.

Bid. IKP