Singkawang, MC – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Singkawang menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Pakta Integritas Satuan Kerja (Satker) Mitra Kerja KPPN Singkawang di Aula Firdaus KPPN, Selasa (12/12/2023).

DIPA secara simbolis diserahkan Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro kepada Kuasa Pengguna Anggaran yaitu Kejari Kota Singkawang, BNN Kabupaten Bengkayang, Brigif 19/Kh, BPN Sambas dan Kantor Pelayanan Pajak Singkawang.

Adapun gambaran APBN Tahun 2024, target pendapatan negara ditetapkan sebesar Rp2.802,3 triliun dan dari sisi belanja, Pemerintah dan DPR RI telah sepakat bahwa belanja negara tahun 2024 sebesar Rp3.325,1 triliun meningkat 8,6% dibandingkan APBN 2023.

Semetara alokasi belanja TA 2024 di lingkup KPPN Singkawang ditetapkan dengan Pagu Rp4,3 triliun dengan total 81 satker, dimana Kota Singkawang mendapatkan alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp674, 96 miliar.

“Selamat menerima anggaran, kelolalah dengan baik agar bermanfaat untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di daerah kita masing-masing,” ucap Pj. Wali Kota.

Sumastro menyebut anggaran tersebut sebagai amunisi utama untuk menjalankan seluruh program permerintahan, meskipun demikian Ia juga ingin program-program yang dibuat tersebut merupakan sebuah gagasan yang memang benar-benar berpihak untuk kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, dirinya bertekad untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran di Pemkot Singkawang, supaya dana tersebut bisa menjadi motor penggerak perekonomian warga Kota Singkawang.

“Kami bertekad, tahun 2024 optimalisasi penyerapan anggaran akan kita tingkatkan, supaya uang itu dapat disalurkan ke tengah masyarakat dan roda perekonomian kita bisa berputar dengan baik,” tegasnya.

Sementara Kepala KPPN Singkawang, Bulus Lumbangaol melaporkan, terhitung 8 Desember 2023 total realisasi belanja TA 2023 di lingkup KPPN Singkawang sebesar 91,75 %.

Bid. IKP