Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang mengikuti Zoom Meeting Sosialisasi Tentang Percepatan Capaian Pendidikan Numerasi Sekolah Dasar di TCM Room Kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (4/4/2023).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian dari Ruang Sasana Bhakti Praja Kantor Kementrian Dalam Negeri di Jakarta dan diikuti oleh 110 Penjabat Kepala Daerah se Indonesia.

Rapat tersebut membahas metode pembelajaran baru di bidang matematika yang dinamakan metode Gasing (Gampang, asyik, dan menyenangkan). Melalui paparan dari ilmuwan matematika Indonesia, Yohanes Surya, menyebutkan jika Indonesia bisa menguasai matematika, maka kita akan menguasai IPTEK.

Metode gasing dinilai telah berhasil mengatasi masalah numerasi di Indonesia. Karena dalam penerapannya lebih mengedepankan suatu metode yang menyenangkan dalam mempelajari dan memahami matematika.

Dalam rapat itu, Mendagri mengajak para Penjabat Kepala Daerah se Indonesia, untuk jangan pesimis dalam menerapkan metode ini dan berpikir positif agar pelatihan penerapan metode gasing dapat segera diwujudkan di daerahnya masing-masing.

Ia juga menekankan dalam satu bulan ini agar setiap Penjabat Kepala Daerah segera menerapkan metode itu dan menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari penilaian kinerja Penjabat Kepala Daerah oleh Kemendagri.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik