LALALA

Singkawang, MC – Bangunan Los D Pasar Beringin Singkawang ambruk, Selasa (10/11) dini hari. Padahal bangunan ini akan segera dilakukan renovasi oleh Pemkot Singkawang pada Rabu (11/10/2020).

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, jika pihaknya sudah merencanakan untuk merenovasi Pasar Beringin Singkawang khususnya di Los D, karena saat ini kondisinya sudah memprihatinkan.

“Bangunan yang roboh ini sudah ada puluhan tahun dan belum pernah dilakukan renovasi. Rencananya, Rabu (11/11) hari ini, sudah mulai dilakuka perbaikan, namun sudah roboh duluan,” katanya saat meninjau los D pasar beringin.

Dia berjanji akan segera menyelesaikan pembangunan Los D yang roboh sesegera mungkin, sehingga bisa segera ditempati pedagang kembali.

“Sebenarnya, dua minggu yang lalu para pedagang yang menempati Los D ini sudah diingatkan oleh Kadis Perdagangan untuk segera pindah ke tempat lain karena akan segera dilakukan renovasi. Untungnya dari kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Maka dari itu, pembangunannya akan segera kita selesaikan,” ujarnya.

Menurutnya, renovasi pembangunan Pasar Beringin Singkawang khususnya di Los D menggunakan APBD-P 2020 sebesar Rp200 juta.

Untuk pembangunan revitalisasi secara keseluruhan akan melibatkan pihak ketiga di tahun 2021.

“Tahapan selanjutnya kita akan menggandeng pihak ketiga yang saat ini sudah dalam proses. Karena sekarang masih dalam penyelesaian aset Pasar Beringin Singkawang,” ujarnya.

Mudah-mudahan diawal 2021, Pasar Beringin Singkawang sudah bisa direvitalisasi secara keseluruhan.

Sementara Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin mengatakan, sekitar pukul 02.00 dirinya mendapat imformasi jika bangunan Los D Pasar Beringin Singkawang roboh.

“Padahal sudah kita rencanakan dari awal, bahwa sejak Sabtu kemarin saya sudah meminta kepada pedagang sebanyak 52 orang yang menempati banginan Los D, untuk segera pindah ke tempat-tempat yang sudah kita sediakan di areal sekitar Pasar Beringin Singkawang,” katanya.

Di tempat-tempat tersebut, sudah pihaknya siapkan tenda dan tarpal, karena sesuai jadwal bahwa Rabu (11/11) akan dilakukan pengerjaan renovasi.

“Alhamdililah, tahun ini baru disetujui untuk dilakukan renovasi Pasar Beringin khususnya di Los D sehingga diharapkan pada bulan Desember Los D yang direnovasi sudah selesai dikerjakan,” ujarnya.

Menurutnya, renovasi bangunan Los D dinilai sangat mendesak, karena bangunan tersebut sudah tua lantaran sudah ada sejak 1973 hingga sekarang.

“Artinya sudah 43 tahun bangunan ini sama sekali tidak pernah disentuh untuk direnovasi. Dan baru tahun ini akan direnovasi,” ungkapnya.

Terkait dengan renovasi ini, beberapa pedagang yang menempati Los D sudah pindah ke tempat yang sudah disiapkan.

Mungkin, dengan pindahnya mereka karena membawa meja dan kayu-kayu yang sebelumnya digunakan untuk menahan bangunan yang sudah tua ini, akhirnya mau tidak mau bangunan ini pun menjadi roboh karena sudah tidak ada lagi penahannya.

“Artinya struktur dari bangunan ini sudah tidak layak lagi dan dilihat dari sisi barang milik daerah, kondisi asetnya sudah terhitung 0 karena lebih dari 40 tahun sudah tidak bernilai lagi,” jelasnya.

Sementara dalam proses pengerjaan renovasi, para pedagang yang menempati Los D Pasar Beringin Singkawang akan di tempatkan di samping Pasar Ikan sampai ke arah sungai.

“Renovasi Los D Pasar Beringin Singkawang tidak terlalu banyak hanya memperbaiki atap dan meninggikan pondasi. Sehingga pertengahan Desember 2020 diharapkan sudah selesai,” tuturnya.