Singkawang, MC – Menyemarakkan HUT ke 77 Republik Indonesia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang menggelar Pesta Hiburan Rakyat bertajuk “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Menuju Singkawang Hebat”.

“Kegiatan ini digelar berdasarkan keputusan Wali Kota Singkawang tentang pelaksanaan HUT ke 77 RI. Yang mana saya ditunjuk sebagai Koordinator pelaksanaan Pesta Hiburan Rakyat ini”. Kata Asmadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang dalam laporannya di Lapangan Tarakan. Kamis (18/8/2022).

Ia menyebutkan lomba hiburan rakyat ini bertujuan meningkatkan sinergi pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang merupakan identitas bangsa Indonesia.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergi pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang merupakan identitas warga negara indonesia.” katany.

Pesta Hiburan Rakyat ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 18 Agustus sampai tanggal 19 Agustus 2022 yang diisi dengan berbagai kegiatan lomba diantaranya lomba Balap Karung Putra – Putri, Tarik Tambang Putra – Putri, Panjat Pinang Putra, Turnamen Pinalti Cup Guru dan Murid, Lomba Karaoke dan Lomba Bola Dangdut.

Ia mengatakan peserta yang mengikuti lomba sebanyak 1.549 peserta yang terdiri atas 1.309 Putra dan 240 Putri dari perwakilan masing – masing OPD Kota Singkawang, Satuan Pendidikan Kota Singkawang, dan TNI Polri.

“Untuk lomba balap karung, tarik tambang, panjat pinang dan turnamen pinalti cup diselenggarakan di Lapangan Tarakan sedangkan Lomba Karaoke dan Lomba Bola Dangdut diselenggarakan di Singkawang Grand Mall.” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya acara hiburan bagi rakyat ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, gotong royong, toleransi, serta mampu meningkatkan kebahagiaan yang berdampak pada meningkatnya kesehatan dan imun tubuh pasca pandemi covid 19.

Tak cukup hanya dengan acara Pesta Hiburan Rakyat ini saja, Disdikbud Kota Singkawang juga akan menggelar pawai karnaval yang akan diselenggarakan pada hari minggu tanggal 21 Agustus 2022.

“Selain acara hiburan rakyat ini, kami juga mengundang bapak/ibu dan seluruh masyarakat Kota Singkawang untuk meramaikan acara pawai karnaval kemerdekaan pada hari minggu nanti. Besok jam 2 siang kita akan mengadakan rapat terkait penjelasan mengenai rute karnaval.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik