Singkawang, MC – Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro mengatakan Pelatihan Dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bertujuan melahirkan bibit unggul yang mewariskan ASN Kota Singkawang dengan menciptakan birokrasi yang saling bersinergi.

Hal itu disampaikan sekda kepada 40 CPNS Golongan II Angkatan XLVIII yang mengikuti Pembelajaran Klasikal Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS di Gedung Diklat BKPSDM Kota Singkawang, Selasa (20/9/2022).

“Saya ingin menggaris bawahi bahwa latsar ini sudah di desain sedemikian rupa, sehingga harapan kita memberikan satu learning experience yang bermanfaat dan berguna untuk pembentukan karakter dan manajemen diri para cpns,” kata Sekda Sumastro.

Ia menambahkan pembelajaran klasikal yang merupakan puncak dari penyelenggaraan Pelatihan dasar CPNS ini bukanlah akhir, melainkan sebuah awal dari pengembangan diri seorang ASN agar setelah dikembalikan dapat menerapkan hasil pembelajaran di tempat kerja masing-masing.

Sekda mengatakan dalam diri seorang ASN yang perlu dipersiapkan untuk menjadi pelayan publik yang baik tidak cukup hanya dengan memiliki kemampuan intelektual di bidang tugasnya tetapi juga harus diimbangi dengan memiliki kesehatan fisik dan mental yang prima.

“Untuk menjadi ASN yang dapat memberikan pelayanan publik yang baik, kita juga harus sehat dulu yang paling utama. Harus mulai untuk rajin berolahraga, walaupun yang ringan-ringan.” ujarnya.

Ia pun mengucapkan selamat menjalankan pembelajaran klasikal kepada para peserta, sekaligus berpesan kepada para calon PNS agar dapat mengikuti pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya, menjadi ASN yang selalu produktif dan prima dalam melayani masyarakat.

“Kalian akan menjadi bagian dari aset kekuatan Pemerintah Kota Singkawang untuk terus menerus meningkatkan pelayanan publik sesuai dengan bidang kita masing-masing, Saya berharap juga perjalanan kalian semakin baik dan bisa berkembang untuk memaksimalkan pengabdian tersebut sampai batas waktu kita,” pesannya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik