Singkawang, MC – Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson didampingi Pj Ketua TP PKK Kalbar bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kota Singkawang.

Kunker Pj Gubernur dan Istri diawali dengan mengunjungi Posyandu Anggrek Biru di Kelurahan Kuala, Sabtu (30/12/2023) untuk memberikan edukasi pencegahan dan penanganan stunting.

Pj Gubernur Kalbar mengatakan penanganan stunting bukan tanggub jawab pemerintah ataupun Dinas Kesehatan sendiri. Melainkan juga menjadi tanggung jawab kita bersama.

“Makanya adanya intervensi-intervensi. Harus lengkap juga gizinya, mulai dari Karbohidrat, Protein hewani dan Lemak. Ada pemberdayaan perempuannya, ketahanan pangannya, perikanannya juga misal dalam rangka memperkuat ketahanan pangan rumah tangga. Ini penting saya ungkapkan, agar ibu-ibu juga menyiapkan anak-anak yang ibu – ibu gendong sekarang ini agar menjadi generasi yang terdepan”, katanya.

Pj Gubernur juga berpesan agar melakukan langkah preventif dalam penanganan stunting ini, yakni dengan melakukan intervensi kepada remaja-remaja putri dengan menjaga kondisi tubuhnya, dengan memberikan penambah darah serta tambahan asupan gizi lainnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menyambut baik atas kunjungan kerja Pj. Gubernur Provinsi Kalbar beserta segenap jajaran, yang diharapkan mampu memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan giat Posyandu. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya percepatan pembentukan Dasawisma baru sebagai wujud sinergitas lintas sektor.

“Kami terus berupaya dalam percepatan penurunan Stunting di Kota Singkawang, dimana saat ini sudah menunjukkan perubahan yang signifikan”, ujar Sumastro.

Kunjungan kerja Pj Gubernur dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis 100 paket bantuan sosial bahan pangan dalam rangka pengendalian inflasi daerah.

Bid. IKP