Singkawang, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar pencanangan pembangunan zona integritas di lingkungan KPU Kota Singkawang, Rabu (9/3/2022).

Pencanangan dilaksanakan di aula KPU Kota Singkawang secara daring dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan.

Dalam sambutannya, Ramdan mengatakan pencanangan ini sebagai bentuk komitmen KPU mulai dari tingkat pusat hingga daerah dalam membangun wilayah integritas.

“Pencanangan pembangunan zona integritas ini sebagai bentuk komitmen kami dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM),” kata Ramdan.

Ia mengungkapkan, komitmen ini telah dibangun oleh KPU RI sejak 5 September 2016. Di tingkat provinsi pencanangan dilaksanakan pada tahun lalu.

“Dan pada hari ini pelaksanaan pencanangan pembangunan zona integritas dilaksanakan secara serentak di Kalimantan Barat pada 9 Maret 2022 di seluruh KPU kabupaten dan kota,” ucap Ramdan.

“Harapannya, komitmen yang dibangun berkaitan dengan mewujudkan, mengantisipasi jangan sampai terjadi praktik korupsi di lingkungan KPU. Selain itu penindakan pelayanan publik yang baik di masyarakat. Pencanangan ini merupakan perwujudan dari reformasi birokrasi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Singkawang Riko menuturkan mewujudkan wilayah bebas korupsi serta wilayah birokrasi bersih dan melayani, sejatinya sejak lama dibangun di lingkungan KPU Kota Singkawang.

Pencanangan saat ini, kata dia, merupakan peneguhan kembali di mana semangat mewujudkan WBK dan WBBM mesti senantiasa digaungkan.

Sebagai perwujudannya, KPU Kota Singkawang telah membentuk unit-unit dalam kerangka menjaga dan mengawal integritas kelembagaan.

“KPU Kota Singkawang telah membentuk beberapa unit. Di antaranya ada Tim Reformasi Birokrasi, Unit Pengendalian Gratifikasi, dan lain sebagainya. Ini dalam rangka menjaga integritas,” ucap Riko.

Kegiatan ini ditandai dengan pembacaan deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM oleh Anggota KPU Kota Singkawang, Khairul Abror, dan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh komisioner dan jajaran sekretariat KPU Kota Singkawang.

Pencanangan disaksikan oleh KPU RI, KPU Kalbar, KI Kalbar, Polres, Bawaslu, perwakilan partai politik, dan stakeholder lainnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik