Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang menghadiri rapat konsolidasi dan penajaman program – program di aula Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disdaginkop) Kota Singkawang, Selasa (10/01/2023).

Dalam kegiatan tersebut Kepala Disdaginkop UKM Kota Singkawang, Muslimin memaparkan program prioritasnya di tahun 2023. Ia mengatakan program-program di Bidang Koperasi dan UKM menjadi program prioritas, karena program di bidang tersebut telah terbukti mampu menjadi pengerak roda perekonomian masyarakat meskipun  ekonomi dunia mengalami gejolak akibat pandemi, inflasi, dan krisis moneter.

“Prioritas kami di tahun 2023 ini, adalah pada sektor koperasi dan UMKM. Karena UMKM yang ada di Kota Singkawang telah membuktikan kemampuannya dalam menghadapi krisis ekonomi yang melanda dunia akibat pandemi, inflasi, dan krisis moneter,” katanya.

Sementara itu, menanggapi paparan Kepala Disdaginkop dan UKM Kota singkawang, Pj Wali Kota Sumastro mendukung rancangan program yang langsung menyentuh perekonomian masyarakat luas melalui Koperasi dan UMKM.

Ia berpesan, program tersebut harus dijalankan dengan membentuk sebuah kolaborasi dengan OPD lainnya, seperti Dinas Peratanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DPKPP) dan OPD lain guna memperoleh suatu hasil yang benar-benar dapat meningkatkan perekonomian serta menekan pertumbuhan laju inflasi.

“Sebagai OPD yang menjadi leading sektor dalam membangun perekonomian masyarakat secara luas dan untuk menekan pertumbuhan laju inflasi, program-program yang berkaitan dengan koperasi dan UMKm, memang harus kita prioritaskan. Saya sangat mendukung program tersebut, dan saya minta untuk mengedepankan sebuah kolaborasi antar OPD terkait,” ujarnya.

Menurutnya program-program di Disdaginkop UKM, memang menjadi perhatianya. Dan semenjak diangkat sebagai Pj. Wali Kota Singkawang, kunjungan ke Disperindagkop dan UKM, masuk dalam agenda utamanya, mengigat pentingnya esensi dalam meningkatkan perekonomian di Kota Singkawang.

“Disdaginkop dan UKM memang saya rencanakan dari awal sebagai OPD yang akan saya kunjungi di awal masa jabatan saya sebagai Pj. Wali Kota Singkawang. Mengingat esensinya saat ini dan dimasa yang akan datang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Singkawang,” ujarnya.

Ia berharap melalui pertemuan ini, akan menghasilkan sebuah skema rencana pembangunan yang terukur dan komprehensif di bidang ekonomi. Ia pun memberikan beberapa ide gagasan kepada OPD terkait dalam membangun UMKM, seperti program one village one product, program petani millenial, dan promosi UMKM melalui pegelaran event-event atau festival yang menghadirkan produk UMKM lokal di Kota Singkawang.

“ Saya berharap melalui pertemuan ini, kita dapat menciptakan sebuah skema pembangunan yang terukur dan komprehensif di bidang ekonomi. Dan saya ingin menyampaikan ide saya seperti one village one product, petani millenial, sebagai bentuk sebuah terobosan di bidang UMKM. Dan perlu juga kita selengarakan event-event atau festival yang menghadirkan produk UMKM kita, agar produk mereka dikenal oleh masyarakat luas,” harapnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik