Singkawang, MC – Kota Surabaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) tahun 2023 untuk kali pertama.

Tepatnya di Gedung Balai Pemuda Surabaya, kegiatan yang bertemakan ‘KIM Bermitra Wujudkan Indonesia Sejahtera’ ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) IKP Kemenkominfo RI dan diikuti oleh 16 peserta KIM perwakilan Provinsi, Kab/Kota se Indonesia.

Rumah KIM (RKIM) Kota Singkawang mewakili Provinsi Kalimantan Barat turut andil dalam kegiatan yang berlangsung pada mulai tanggal 27 sampai 28 Oktober tahun 2023 tersebut.

Dirjen IKP Kemenkominfo RI Usman Kansong mengatakan KIMFest ini adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada para pegiat KIM yang menjadi mitra kerja pemerintah dan sebagai salah satu perantara komunikasi publik antara pemerintah kepada masyarakat.

“Kegiatan ini tentunya sebagai bentuk apresiasi kepada para KIM, dan tentunya disini semuanya menjadi berkolaborasi dengan sistem yang berformat kompetisi. Menjadi salah satu ajang membuka jaringaan KIM-KIM yang hadir dari setiap provinsi untuk menjalin kemitraan yang lebih luas.” ucapnya.

Usman Kansong menjelaskan, diera teknologi digital sekarang ini KIM sebagai mitra strategis pemerintah tentunya memiliki peran yang sangat penting berkenaan dengan komunikasi publik untuk penyebaran informasi tentang program dan kebijakan strategis Pemerintah.

Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini juga untuk pemberdayaan KIM sehingga melalui peran aktif KIM diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat, sekaligus menjadi penyaring informasi agar disampaikan menyesuaikan bahasa masyarakat.

“Sekarang ini, apalagi di sosmed banyak terjadi penyebaran hoaks atau disinformasi, disinilah peran KIM agar masyarakat tidak mudah percaya. Melalui KIM pemerintah dapat dengan mudah menyampaikan informasi tentang kebijakan atau program seperti pemberantasan kemiskinan ekstrem, pencegahan stunting dan lain-lain hingga informasi tersebut dapat diterima masyarakat dengan benar.” jelasnya.

Tak pula ia mengucapkan terimakasih dan paresiasi kepada Pelaku KIM dari berbagai provinsi dan Kab/Kota yang telah berpartisipasi dalam festival KIM tahun 2023 ini. Ia berharap kegiatan ini dapat terus diselenggarakan secara berkelanjutan.

“Saya menaruh hormat kepada para pegiat KIM yang mau dan mampu menjalankan fungsi KIM dengan baik ke masyarakat. Terimakasih juga kepada Pemda Provinsi Jatim dan Kota Surabaya yang telah menyediakan fasilitas tempat penyelenggaraan. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan meriah.” tutupnya.

Selain itu, KIMFest tahun ini turut diselingi dengan berbagai kegiatan antara lain cerdas cermat, lomba hias stan pameran KIM, bazar UMKM, pentas seni hiburan dan awarding hingga berlanjut pada acara puncak Anugerah Media Humas (AMH) tanggal 30 Oktober 2023.

Bid. IKP