Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang mendapat kunjungan balasan dari Wakil Wali Kota Pekanbaru beserta rombongan, Selasa (17/5/2022). Kunjungan balasan ini menjadi upaya membangun tali silaturahmi antara kedua belah pihak pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, saya beserta rombongan Pemerintah Kota Pekanbaru bisa melakukan kunjungan balasan atas kunjungan Ibu Wali Kota Singkawang di saat bulan Ramadan lalu. Pada saat itu, saya menerima kunjungan Ibu Tjhai Chui Mie beserta rombongan dan berjanji kalau ada kesempatan akan ke Kota Singkawang,” ujar Ayat Cahyadi, Wakil Wali Kota Pekanbaru.

“Selain itu, kita juga melakukan kerjasama di bidang perdagangan dimana salah satu putra daerah Kota Pekanbaru akan berinvestasi di Kota Singkawang pada revitalisasi pasar tradisional, yaitu pasar Beringin. Kabarnya, pasar ini belum pernah dilakukan revitalisasi semenjak tahun 1950,” tambahnya.

Ia mengakui baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Singkawang. Ia memuji kinerja Pemerintah Kota Singkawang dalam menjaga kebersihan Kota Singkawang sembari pihaknya menyempatkan diri mengunjungi beberapa tempat ternama sembari menikmati kuliner khas di Kota Singkawang. Tengah malam, pihaknya melihat para pasukan kuning Kota Singkawang sudah mulai bekerja dan turun membersihkan sampah.

“Ini merupakan kunjungan saya yang pertama kali menginjak kaki di Kota Singkawang. Masyaallah, kuliner-kuliner di Kota Singkawang yang kami datangi enak-enak semua. Kota nya bersih dan warganya juga ramah,” ujarnya.

“Saya juga diberi selendang motif Dayak dari Ketua DAD Kot Singkawang pada saat berkunjung ke rumah adat. Artinya, ini menjadi pertanda penting bagi kita untuk membangun sebuah keharmonisan. Insya Allah, kami akan datang kembali kedepannya kalau diundang Ibu Wali Kota Singkawang,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang menyambut baik kedatangan Wakil Wali Kota Pekanbaru beserta rombongan yang membalas kunjungan Pemkot Singkawang beberapa waktu yang lalu. Ia mengucapkan terimakasih atas kunjungan balasan Wakil Wali Kota Pekanbaru beserta rombongan ke Kota Singkawang.

“Terimakasih atas kunjungan Wakil Wali Kota Pekanbaru beserta rombongan yang sekaligus membawa putra daerahnya yang akan berinvestasi pada revitalisasi pasar Beringin. Ini menunjukkan bahwa calon investor kita bisa diandalkan pada revitalisasi pasar Beringin karena sudah pernah bekerjasama juga dengan Pemerintah Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Ia menilai kunjungan ini menjadi suatu bentuk perwujudan rencana revitalisasi pasar Beringin yang sudah matang. Kedepannya, Pemerintah Kota Singkawang akan segera melakukan pembongkaran dan memindahkan para pedagang untuk menempati kawasan pasar sementara yang telah dipersiapkan.

“Langkah menuju revitalisasi pasar ini sudah matang. Tinggal menentukan tanggal pemancangan tiang pertama. Pembangunan pasar sementara sudah hampir selesai dilakukan. Kawasan tersebut akan segera kita bongkar dan segera kita revitalisasi dengan bangunan yang baru,” terangnya.

Bid. Informasi dan Komunikasi Publik