Singkawang, MC – Sebanyak 250 pelajar perwakilan SD dan SMP se Kota Singkawang mengikuti kegiatan Kampanye ‘Ayo Menabung dan Edukasi Keuangan Pelajar Kota Singkawang’ di Balairung Kantor Wali Kota, Jumat (10/2/2023).

Kegiatan Kampanye ini diinisiasi oleh Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat.

Turut hadir Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen merangkap Anggota Dewan Komisioner (DK) OJK Pusat, Kepala OJK Kalbar, Direktur Kepatuhan Bank Kalbar, Perwakilan Dewan Guru Pendamping dan Para Pelajar serta tamu undangan lainnya.

Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengucapkan terimakasih kepada OJK yang telah memberikan dukungan terhadap implementasi program kerja tematik Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kota Singkawang yaitu Program KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar) yang dilakukan pada hari ini.

Sumastro mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan kampanye dan edukasi keuangan ini diharapkan akan menimbulkan kebiasaan menabung sejak dini, menanamkan kebiasaan produktif dan pola pikir yang berorientasi pada perencanaan untuk masa depan.

“Harapannya melalui edukasi keuangan dan menabung ini akan menimbulkan kebiasaan menabung sejak dini, menanamkan kebiasaan produktif dan pola pikir yang berorientasi pada perencanaan untuk masa depan.” katanya.

Ia berpesan kepada seluruh Pelajar untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat serta bisa memberikan pelajaran dan pemahaman kepada seluruh Pelajar akan pentingnya edukasi keuangan.

“Pesan Saya untuk adik-adik pelajar semua yang ada disini, tolong ikuti kegiatan ini dengan baik, dengarkan arahan yang diberikan. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DK OJK Pusat Friderica Widyasari Dewi mengungkapkan rasa bahagianya karena dapat hadir di acara ini serta kagum dengan keindahan Kota Singkawang yang menyambut dengan penuh cinta kasih dan toleransi.

“Terimakasih Saya ucapkan, turut bahagia rasanya bisa hadir disini. Dan Saya juga kagum dengan keindahan Kota Singkawang yang damai dalam keberagaman, penuh toleransi dan cinta kasih seperti yang Pak Wali katakan.” ucapnya.

Friderica mengatakan edukasi keuangan sangatlah penting bagi anak-anak generasi muda sehingga OJK memberikan perhatian khusus terkait hal tersebut.

“Alasan kenapa edukasi keuangan bagi pelajar sangat penting dan OJK memberikan perhatian khusus terkait hal ini karena para pelajar ini nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa kedepannya.” tuturnya.

Ia menjelaskan pentingnya budaya menabung diusia dini terlebih untuk para pelajar adalah untuk melatih kemampuan dalam memanajemen keuangan dengan baik. Yang salah satu dampak positifnya adalah tabungan yang dimiliki dapat digunakan untuk bekal dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di masa depan.

”Dengan kampanye ini diharapkan dapat melatih kemampuan memanajemen keuangan bagi anak-anak, menhindarkan mereka dari gaya hidup pemborosan di usia muda.” harapnya.

Selain itu, dalam rangkaian acara ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis buku Rekening Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) sebagai bentuk kolaborasi OJK dan Bank Kalbar kepada perwakilan Pelajar.

Sebanyak 250 Buku Rekening dengan saldo Tabungan sebesar 50 Ribu Rupiah diserahkan kepada seluruh pelajar yang merupakan tabungan yang diperuntukkan bagi anak di bawah 18 tahun yang belum memiliki KTP.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik