Singkawang, MC – Kampanye Toleransi dan Deklarasi anti Bullying harus senantiasa digaungkan sebagai upaya untuk mendorong HAM agar tertanam dalam diri masyarakat khususnya untuk anak-anak generasi muda.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro di Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang pada kegiatan Jalan Santai sekaligus Kampanye Toleransi dan Deklarasi Anti Bullying, Kamis (19/10/2023).

“Salah satu upaya untuk mendorong HAM agar tertanam di masyarakat diantaranya melalui kampanye toleransi dan deklarasi anti bullying yang dilakukan pada hari ini. Nilai-nilainya sudah dididik sejak dini diusia sekolah, sehingga anak-anak kita anti kekerasan dan menghargai HAM.” katanya.

Atnike juga turut mengungkapkan kekagumannya terhadap Kota Singkawang yang tergambarkan nyata sebagai Kota Tertoleran dengan sambutan hangat kemeriahan dan keramahan warga masyarakatnya.

“Saya sangat bahagia, dihari yang cerah setelah beberapa hari hujan di Kota Singkawang. Ini juga menjadi rasa syukur kami mewakili Komnas HAM dan penyelenggara Festival HAM untuk menyaksikan kemeriahan dan keramahan warga kota singkawang.” ucapnya.

“Terimakasih kepada Pemkot Singkawang dan jajaran serta seluruh warga Kota Singkawang yang telah menyambut kami semua dari berbagai wilayah di Indonesia. Harapannya, agar kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi Kabupaten/Kota lain di seluruh Indonesia.” sambungnya.

Pada kesempatan ini, tak lupa Atnike berpesan kepada peserta deklarasi anti perundungan dari perwakilan anak-anak sekolah Kota Singkawang untuk menghindar praktik-praktik perundungan dan berharap agar kedepan anak-anak muda ini dapat menjadi pelopor dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan hidup bersekolah.

“Saya menegaskan bahwa tidak boleh adanya perundungan baik kepada laki-laki, dan perempuan, kepada yang muda maupun yang lebih tua. Kita harus menjaga keselamatan dan kenyamanan hidup bersekolah. Saya harap adik-adik yang ada di sini dapat menjadi duta besar anti bullying di Kota Singkawang dan di Indonesia.” tutupnya.

Bid. IKP