Singkawang, MC – Dua buah Jeruk Bali yang menjadi simbol keberuntungan dan penangkal bala, laku terjual seharga Rp49,8 juta di altar lelang Festival Cap Go Meh 2023, Minggu (5/2/2023).

Dua buah Jeruk Bali tersebut, dibeli oleh mantan Wali Kota Singkawang periode 2017 – 2022 Tjhai Chui Mie yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Panitia Imlek dan Cap Go Meh. Jeruk tersebut diberikan kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebagai cenderamata atas kehadiran beliau di perayaan festival Cap Go Meh tahun ini.

Aksi tawar menawar dalam acara lelang itu semakin dimeriahkan dengan hadirnya sejumlah barang seperti perhiasan, patung, cenderamata dari batu giok dsb. Banyak peserta lelang bahkan berasal dari luar Kota Singkawang hingga dari pulau Jawa. Mereka pun saling bersaing mengalahkan harga beli pesaingnya demi mendapatkan barang lelang di acara tersebut.

Menurut keyakinan warga Tionghoa,Barang yang dilelang memiliki sejumlah nilai seperti keberkahan, keberuntungan, keperkasaan, bernilai sejarah dan ada pula yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan bagi pemiliknya. Sehingga tidak heran, terdapat barang lelang, yang laku hingga ratusan juta rupiah.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik