Singkawang, MC – Dalam rangka menciptakan suasana menyambut Tahun Baru 2022 di Kota Singkawang yang kondusif, BNN, Tim Pemberantasan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (TP4GN), TNI, Polri dan Satpol PP menggelar razia di beberapa rumah kos dan penginapan di Kota Singkawang, Jumat (31/12/2021).

Razia ini digelar sebagai bentuk kegiatan pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba jelang Tahun Baru 2022.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan selaku Ketua TP4GN mengimbau masyarakat untuk turut menciptakan suasana yang kondusif dan menjauhi tindak peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Singkawang.

“Harapannya, Kota Singkawang sebagai Kota Wisata, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan atau bahkan membantu peredaran narkoba di Kota Singkawang,” ujar Irwan.

Ia menambahkan upaya ini dilakukan TP4GN dan BNN bukan hanya untuk menekankan maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Singkawang saja.

Namun, upaya ini menjadi komitmen bersama masyarakat untuk mencegah perbuatan-perbuatan dengan konteks negatif dalam menyambut Tahun Baru 2022.

“Tidak lupa kepada para pengusaha tempat penginapan ataupun kos, untuk lebih selektif ketika menerima penghuni. Karena ketika dilakukan inspeksi di lapangan, tidak sedikit ditemui pasangan yang bukan pasangan suami-istri dan tidak memiliki dokumen sah sebagai pasutri,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNN Singkawang Toto Budi Suprapto mengatakan kegiatan razia ini menjadi upaya untuk mempersempit ruang peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Singkawang, khususnya dalam menyambut Tahun Baru 2022.

Kami melakukan deteksi dini melalui tes urine kepada para penghuni rumah kos atau pengunjung hotel. Karena disinyalir di akhir tahun, di Kota Singkawang banyak tindakan peredaran narkotika.

“Jadi, razia ini mempersempit ruangan peredaran dan penyalahgunaan narkoba dalam menyambut Tahun Baru,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada para pengunjung yang berekreasi ke Kota Singkawang untuk tidak mengedarkn dan menyalahgunakan narkoba dalam merayakan dan menyambut Tahun Baru 2022.

“Silakan datang ke Singkawang untuk berekreasi ataupun piknik, tapi jangan sampai menggunakan narkotika. Sebab apabila ditemui, adanya tindakan peredaran dan penyalahgunaan narkoba, maka tidak segan-segan pihak kami akan bertindak tegas,” tegasnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik