Singkawang, MC – Irene Odelia Astono, Purnapaskibraka Duta Pancasila (PDP) Tingkat Nasional Tahun 2021 asal Kota Singkawang kembali ditunjuk untuk mengikuti Seremonial Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monas ke Istana Merdeka pada peringatan HUT RI ke-77 nanti.

“Selain Irene, adapula tiga PDP lainnya yang berasal dari provinsi Sumatra Utara, provinsi Jawa Barat dan provinsi Bali turut diundang mengikuti prosesi ini,” ujar Gusti Arifin, Tim Penyeleksi dan Pelatih Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Singkawang saat diwawancarai, Senin (8/8/2022).

Pelajar SMA Santo Ignatius Singkawang ini dipastikan akan berada di Jakarta pada 10 – 18 Agustus 2022 mendatang untuk melakukan gladi resik dan memantapkan gerakan.

Melihat seremonial pada tahun sebelumnya, pembawa baki duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi akan menaiki Kereta Ki Jaga Raksa. Mereka akan diiringi oleh rombongan marching band dan puluhan orang mengenakan baju adat yang berjalan dari Monas menuju Istana Merdeka.

Seremonial kirab ini menggambarkan sakralnya Bendera Merah Putih yang dibawa oleh kerajaan dan masyarakat untuk mengikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik