Singkawang, MC – Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Hari Kesehatan Nasional 2022 telah memasuki usia ke-58 yang mengusung tema “Bangkit Negeriku Sehat Indonesiaku”.

Di Kota Singkawang, upacara peringatan HKN digelar di halaman Dinas Kesehatan dan KB, Sabtu (12/11/2022). Bertindak selaku Inspektur Upacara, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan.

Irwan membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI mengatakan HKN ke-58 menjadi momentum menuju reformasi di sektor kesehatan melalui perwujudan pelayanan yang lebih prima, cepat, luas dan menyeluruh demi kebangkitan Indonesia.

Adapun transformasi sistem kesehatan tersebut meliputi 6 pilar, yaitu transformasi Layanan Kesehatan Primer, transformasi Layanan Rujukan, tansformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, dan transformasi Teknologi Kesehatan.

Ia menyampaikan ucapan terimakasih Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu-membahu berjuang melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia.

Tidak lupa, para insan kesehatan pun dititipkan harapan untuk terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, mendorong masyarakat untuk memeriksa kesehatan secara rutin, mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Seusai upacara, Wakil Wali Kota Singkawang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Singkawang memotong tumpeng dan dilanjutkan dengan kemeriahan perlombaan peragaan busana yang ditampilkan oleh beberapa perwakilan tenaga kesehatan se-Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik