Singkawang, MC – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini peringatan Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang terasa lebih meriah. Syukuran Hari Jadi yang ke-22 dirangkaikan bersama Pembukaan Event Nasional Festival HAM tahun 2023 yang diselenggarakan di halaman Kantor Wali Kota Singkawang pada Selasa (17/10/2023).

Tahun ini mengangkat tema penuh semangat yakni Kerja Cepat Kerja Tuntas Untuk Singkawang Kota Tertoleran Yang Inklusif dan Dinamis.

Turut dihadiri langsung oleh Ketua Komnas HAM RI beserta jajaran, Direktur Eksekutif INFID, perwakilan Kantor Staf Presiden, Major of Gwangju Metropolitan City, Pj Gubernur Kalbar, Forkopimda Kota Singkawang serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Singkawang Sumastro mengatakan Peringatan hari jadi tahun ini terasa sangat spesial bagi Kota Singkawang karena kembali mampu menghadirkan event tingkat nasional Festival HAM yang kemudian diharapkan amanah penyelenggaraan ini dapat berjalan lancar hingga selesai.

“Peringatan HUT Kota Singkawang tahun ini menjadi spesial bagi saya pribadi dan juga Kota Singkawang karena dipercaya mengemban tugas sebagai Pj Wali Kota dan diamanahkan menyelenggarakan event besar nasional festival HAM tahun 2023.” katanya.

Sumastro menyampaikan perjuangan terbentuknya Kota Singkawang hingga sekarang tidak terlepas dari peran berbagai elemen masyarakat. Apresiasi juga diberikan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode-periode sebelumnya yang telah berhasil meletakkan pondasi dan pembangunan fisik maupun non fisik yang kuat untuk memajukan Kota Singkawang tercinta ini.

“Seluruh capaian pembangunan di Kota Singkawang selama lebih dari dua dekade ini adalah hasil manifestasi dari seluruh energi, waktu, potensi serta materi yang menjadi kinerja dan prestasi nyata dari suatu Kota, yang masih terus bergerak secara dinamis dan maju serta senantiasa berkembang menjadi suatu Kota yang dapat menaungi dan mampu memberikan kehidupan kepada masyarakatnya sehingga menjadi kota yang mencintai dan dicintai oleh masyarakatnya.” jelasnya.

Tak lupa, Sumastro jugo mengucapkan terimakasih kepada jajaran Komnas HAM, Kepala Staf Presiden dan INFID yang telah memprakarsai kegiatan festival HAM hingga dapat dilaksanakan di Kota Singkawang.

“Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komnas HAM, Kepala Staf Presiden dan Ketua Infid yang telah menetapkan kegiatan Festifal HAM 2023 di Kota Singkawang. Terimakasih juga kepada seluruh panitia penyelenggara, instansi vertikal dan stakeholder terkait yang telah membantu hingga sampai saat ini.” Ucapnnya.

Sumastro berharap kedepan Kota Singkawang dapat semakin maju, dengan adanya festival HAM ini dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat bagi peningkatan HAM di Indonesia dan semoga prestasi Kota Singkawang menjadi lebih baik sesuai dengan tema yang digaungkan.

“Selamat Hari Jadi Ke-22 Pembentukan Kota Singkawang, dan  Selamat Mengikuti  Pelaksanaan Event Nasional Festival Hak Asasi Manusia Tahun 2023 di Kota Singkawang Kota Paling Toleransi di Indonesia. Semoga seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik, aman dan lancar. Jangan lupa bagi tamu undangan untuk meluangkan waktunya menikmati keindahan Kota Singkawang.” tutupnya.

Bid. IKP