Singkawang, MC – Kepolisian Resort Singkawang menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di halaman Mapolres, Sabtu (1/7/2023). Hari Bhayangkara tahun ini mengangkat tema “Pemilu Damai Menuju Indonedia Maju”.

Kapolres Singkawang AKBP Arwin Amrih Wientama mengatakan tema ini diangkat berkaitan dengan berlangsungnya tahapan-tahapan pemilu serentak 2024. Saat ini, tahapan yang sedang berlangsung adalah tahapan bakal calon legislatif yang dilaksanakan oleh KPU.

“Tentunya, tema yang diusung ini agar kita bisa mendukung terlaksananya perwujudan pemilu yang damai untuk Indonesia maju. Bulan Februari mendatang, kita akan melaksanakan pesta demokrasi dimana puncaknya pemilu berjalan lancar, kondusif dan damai demi Indonesia maju,” ujarnya.

Kapolres berharap peringatan ini menjadi momentum yang mendorong semangat aparat penegak hukum dalam mewujudkan perlindungan dan penegakan hukum sesuai dengan harapan dan kepercayaan masyarakat. Arwin menambahkan pihaknya siap bekerjasama dalam meningkatkan soliditas internal dengan Forkopimda Kota Singkawang.

“Sesuai dengan yang diamanatkan dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, tentunya kita berupaya dan berusaha untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kondusifitas dan keamanan. Terutama di Kota Singkawang, kita berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Singkawang dalam mempertahankan predikat Kota Tertoleran di Indonesia yang sudah diakui secara nasional,” tambahnya.

Sementara Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro memberikan ucapan selamat atas peringatan Hari Bhayangkara ke-77 ini. Sumastro berharap berbagai aspek-aspek dalam menciptakan pemilu yang damai dapat didukung oleh semua pihak, khususnya dalam hal ketentraman dan keamanan masyarakat yang menjadi prasyarat menjelang pemilu serentak 2024

“Atas nama Pemkot Singkawang beserta masyarakat mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2023. Kami senantiasa mendoakan semoga Korps Bhayangkara ini selalu dapat melaksanakan tugas pengayoman kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kami percaya sinergitas antara TNI/Polri dan Pemerintah Kota Singkawang menjadi bagian dari suatu kekuatan. Hal-hal yang akan terjadi di lapangan nantinya akan kita antisipasi dalam suatu koordinasi dan komunikasi yang setepat-tepatnya. Semoga Polri selalu jaya,” tambahnya.

Di penghujung upacara, perwakilan Polisi Wanita Polres Singkawang dan Korps Wanita Angkatan Darat Kodim 1202 Singkawang memeriahkan peringatan hari Bhayangkara ke-77 dengan membawakan tarian daerah TIDAYU (Tionghoa, Dayak dan Melayu).

Bid. IKP